Mobil Esemka Bima berjajar di PT Solo Manufaktur Kreasi, Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). (Solopos-M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, SOLO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan mobil pikap https://news.solopos.com/read/20190814/496/1012188/isu-esemka-mobil-china-ini-fakta-tentang-komponennya">Esemka Bima lewat satu postingannya di media sosial Instagram, Jumat (6/9/2019). Netizen langsung menyandingkan mobil ini dengan mobil bikinan pabrikan asal China, Changan.

Dari beberapa foto yang beredar, Esemka Bima sekilas mirip dengan pikal bikinan Changan, Star Truck. Guratan garis-garis di samping mobil, bentuk jendelanya, hingga gaya grill terbilang cukup mirip. Selain itu, bentuk bumper juga terbilang sangat mirip.

Membandingan kedua mobil ini, sejumlah netizen di Twitter hingga Facebook menebak-nebak bahwa mobil Esemka Bima adalah hasil rebadge.

https://img.solopos.com/upload/img/bimaesemka11%20(1).jpg" alt="" />

Namun, kebanyakan foto yang dibandingkan adalah foto-foto Changan Star Truck produksi 2017-2018. Sedangkan foto mobil Esemka yang diambil untuk dijadikan perbandingan adalah foto mobil konsep.

Saat dikunjungi Solopos.com, Jumat malam WIB, website Changan di Globalchangan.com menampilkan foto Star Truck yang sedikit berbeda. Salah satu yang mencolok adalah bentuk grill yang dulunya berwarna hitam, kini memakai warna chrome dengan gaya yang sedikit berbeda. Sedangkan Esemka Bima kini memakai grill berwarna hitam dengan bentuk baru.

https://img.solopos.com/upload/img/Pikap.jpg" width="600" height="408" alt="" />

Selain itu, bentuk lampu Esemka Bima juga berbeda dari desain konsepnya. Esemka Bima memakai lampu depan yang desainnya sedikit lebih sipit.

Bentuk bumper kedua mobil ini juga berbeda dari versi lawas meskipun keduanya tetap mengusung desain bumper yang cukup mirip. 

Terkait hal ini, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) selaku pengembang belum berkomentar. Sedangkan Diaz Hendropriyono selaku Staf Khusus Presiden sempat menampik Esemka Bima adalah hasil rebadge mobil China.

"Enggak mungkin dong kayak gitu [impor mobil China dan ganti emblem]. Namanya bukan produk lokal dong," ucap Diaz 26 Oktober 2018, sebagaimana dilansir https://oto.detik.com/mobil/d-4274261/pikap-esemka-di-boyolali-vs-mobil-china-mirip-nggak">Detik.com.

Diberitakan https://news.solopos.com/read/20190906/496/1017009/resmikan-esemka-jokowi-kalau-beli-produk-lain-kebangetan-apalagi-impor">Solopos.com, sebelumnya, PT SMK di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, diresmikan hari ini, Jumat. Peresmian ini juga menandai di-launchingnya produk mobil dalam negeri, Bima.

Seratusan mobil Bima jenis pikap terparkir di dalam pabrik. Saat tiba, Presiden Jokowi langsung meninjau mobil-mobil tersebut.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menyebutkan lebih dari 60 persen mobil merupakan garapan lokal. Saat ini sudah ada 300-an tenaga kerja lokal yang berasal dari Solo, Boyolali, dan sekitarnya direkrut. sebagian besar merupakan lulusan SMK serta akademi teknik mesin.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten