SOLOPOS.COM - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo (ilustrasi/JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo atau Jokowi, kembali mengawal Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Wakil Presiden (Wapres) Boediono pulang meninggalkan kompeks Gedung DPR/MPR seusai setelah pidato kenegaraan sesi kedua (baca: Sinyal Demokrat ke Jokowi?).

Seusai pidato kenegaraan sesi pertama, Jokowi melakukan hal yang sama. Ia keluar dari Gedung Nusantara lebih dulu kemudian berdiri tepat di samping mobil dinas Presiden.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketika Presiden SBY mendekati mobil dinas, Jokowi memberikan hormat dan sedikit terjadi perbincangan keduanya. “Selamat Sore,” kata SBY kemudian dijawab Jokowi dengan kalimat yang sama.

Sikap yang sama juga ditunjukkan Jokowi kepada Wapres Boediono. Setelah Presiden dan Wapres meninggalkan lokasi, Jokowi ikut beranjak menuju kendaraan dinasnya yang berada sekitar 10 meter dari lokasi itu.

“Di sana saja, mobilnya di sana,” kata Jokowi saat diminta untuk wawancara doorstop oleh wartawan.

Sebelumnya, seusai pidato kenegaraan SBY, Jumat (15/8/2014) pagi, Jokowi juga menunjukkan hal serupa. Ketika Paspampres sedang berjaga menyambut SBY keluar dari gedung, ternyata Jokowi yang keluar lebih dulu. Dia berjalan melewati lobi VIP dan menuju tempat menunggu mobil.

Ketika SBY keluar disambut dengan tabuhan genderang drum band, posisi Jokowi tidak berubah, dekat dengan mobil dinas presiden. Bahkan setelah SBY pergi, Jokowi tetap di situ.

Selanjutnya Jokowi mempersilakan Wakil Presiden Boediono untuk memasuki mobil dinas untuk meninggalkan komplek DPR/MPR. Dan terakhir Wapres terpilih Jusuf Kalla pun dipersilakan pulang lebih dulu oleh Jokowi.

Gubernur DKI Jakarta tersebut tidak mengatakan alasannya kenapa keluar mendahului SBY. “Saya ingin menyalami teman-teman saya,” kata Jokowi disela-sela bersalaman dengan anggota DPR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya