SOLOPOS.COM - Ilustasi Suratin Cup. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

Solopos.com, SOLO — Kepastian kapan bergulirnya putaran nasional Piala Suratin U-18 2014 akhirnya menemukan titik terang. Turnamen yang mempertemukan talenta-talenta muda terbaik Tanah Air ini akan mulai digelar 20-26 Oktober mendatang.

Persis Solo Junior (Jr.) yang tampil sebagai jawara Jateng, akan berada di Grup IV pada penyisihan pertama. Tim yang diarsiteki pelatih Agus Pratikno itu akan saling jegal dengan wakil dari DI Yogyakarta, Jatim dan Kalimantan Barat.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Kepastian bakal bertarungnya Persis Jr. di Grup IV ini disampaikan salah satu pengurus PSIS Surakarta, Sapto J.P. kepada Espos, Kamis (25/9/2014). Sapto mengaku mendapat informasi itu melalui surat yang dikirim oleh PSSI, Rabu (24/9) malam.

“Jadwalnya sudah keluar. Kami satu grup dengan DIY, Jatim dan Kalbar. Tapi tim-tim mana saja yang menjadi wakil dari provinsi itu, kami belum tahu,” ujar Sapto.

Sapto menambahkan, penyisihan pertama akan digelar dengan menggunakan sistem home tournament. Dengan sistem itu, praktis memungkinkan setiap klub berpeluang tampil sebagai tuan rumah dalam perebutan tiket ke-16 besar nasional itu.

Tuan Rumah
“Karenanya kami berencana mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah [16 besar Grup IV]. Terkait hal itu, kami akan lebih dulu menggelar pertemuan dengan pengurus Persis dan juga meminta restu dari Wali Kota Solo [F.X. Hadi Rudyatmo, selaku ketua umum Persis],” imbuh Sapto.

Disinggung tentang peta kekuatan lawan-lawannya di Grup IV, Sapto mengaku masih buta. Namun, beberapa waktu lalu, pria yang juga menjabat sebagai guru ilmu Fisika di SMKN 2 Surakarta ini, memprediksi lawan-lawan tangguh di putaran nasional akan berasal dari tim-tim asal Jatim dan Papua.

Sementara itu, untuk menghadapi Piala Suratin U-18, Persis Jr. terus menggelar persiapan. Bahkan latihan Fredyan “Ucil” dkk. sudah mulai digeber secara rutin sejak menjuarai zona Jateng, dengan mengalahkan Persiku Kudus Jr. 4-1 di Stadion Manahan, Solo, 31 Agustus lalu.

“Persiapan terus kami lakukan. Selain latihan kami juga menggelar latih tanding dengan tim-tim internal Persis, mulai dari PS POP, PS Ster hingga PS UTP. Progres anak-anak cukup bagus dalam uji coba itu dan sentuhan mereka juga tidak terlihat mengendur,” ujar pelatih Persis Jr., Agus “Atik” Pratikno. (Imam Yuda Saputra/JIBI/Solops)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya