SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Piala Sudirman 2015 berakhir dengan menampilkan Tiongkok sebagai juara sekaligus merebut gelar ke-10.
 
Solopos.com, DONGGUAN — Tiongkok mempertahankan hegemoni dalam panggung bulu tangkis dunia dengan merengkuh gelar ke-10 di Piala Sudirman 2015.

Tim tuan rumah menyingkirkan Jepang dengan skor telak 3-0 dalam partai final di Dongfeng Nissan Sports Center, Dongguan, Tiongkok, Minggu (17/5/2015). Tiongkok mengemas poin pertama lewat kemenangan ganda campuran Fu Haifeng/Zhang Nan atas pasangan Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa dengan skor 21-17, 20-22, dan 21-17.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ini pertarungan yang sulit. Poin ini biasanya paling sulit diraih tapi kami bertahan dan memenanginya. Ini suntikan semangat bagi kami,” tutur Fu Haifeng, seperti dilansir china.org.cn, Minggu.

Tunggal putri nomor satu dunia, Li Xuerui, juga melaju mulus di partai kedua. Pebulu tangkis berusia 24 tahun itu menghempaskan wakil Jepang, Akane Yamaguchi, dengan skor 23-21 dan 21-14 dalam 42 menit.

“Karena ini adalah kompetisi besar, saya merasakan tekanan. Alasan skor sangat dekat di game pertama adalah karena saya membuat beberapa kesalahan,” kata Li Xuerui.

Tiongkok mengukuhkan superioritas atas Jepang melalui aksi gemilang Lin Dan. Tunggal putra berjuluk Super Dan itu membantai unggulan Jepang, Takuma Ueda, dengan skor telak 21-15 dan 21-13, untuk memastikan kemenangan tim tuan rumah.

“Kompetisi ini lebih sengit daripada yang dibayangkan. Saya berjuang hingga akhir dan berhasil menyelesaikannya,” imbuh Lin Dan.

Tiongkok menjadi negara dengan raihan gelar terbanyak di Piala Sudirman, yakni total 10 trofi dari 11 penampilan beruntun dalam partai final. Kemenangan atas Jepang sekaligus mempersembahkan gelar keenam beruntun bagi Tiongkok.

Lin Dan dkk. pun memiliki rekor impresif dalam kompetisi bulu tangkis beregu dunia kali ini. Tiongkok selalu menyingkirkan lawan-lawan mereka dengan skor 3-0, kecuali saat kehilangan poin di ganda putra melawan Indonesia di babak semifinal, Sabtu (16/5).

Sementara itu, mimpi Jepang untuk merengkuh trofi pertama di Piala Sudirman berakhir di tangan Tiongkok. Jepang menorehkan penampilan pertama di final Piala Sudirman setelah mendepak Korea dengan skor 3-2 pada babak semifinal, Sabtu. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Tim bulutangkis Tiongkok berselebrasi seusai menjadi juara Piala Sudirman.  JIBI/Rtr/Stringer

Tim bulutangkis Tiongkok berselebrasi seusai menjadi juara Piala Sudirman. JIBI/Rtr/Stringer

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya