SOLOPOS.COM - Pasangan ganda campuran, Tontowi Ahmad (belakang) dan Liliyana Natsir tak dimainkan saat Indonesia kalah telak 0-5 atas China pada penyisihan Grup A di Stadion Putra, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (21/5/2013). Pasangan ini kemungkinan akan dimainkan saat Indonesia kembali menghadapi China di perempat final, Kamis (23/5/2013). dokJIBI/SOLOPOS/Antara

Pasangan ganda campuran, Tontowi Ahmad (belakang) dan Liliyana Natsir tak dimainkan saat Indonesia kalah telak 0-5 atas China pada penyisihan Grup A di Stadion Putra, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (21/5/2013). Pasangan ini kemungkinan akan dimainkan saat Indonesia kembali menghadapi China di perempat final, Kamis (23/5/2013). dokJIBI/SOLOPOS/Antara

SEMARANG- Mantan pemain nasional Hastomo Arbi mengatakan pemain Indonesia harus tampil semangat saat melawan juara bertahan China pada babak perempat final Piala Sudirman di Kuala Lumpur, Malaysia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kunci kita hanya semangat dan tampil ‘fight’ lawan China karena dari peringkat dunia hampir semua pemain kita masih kalah dengan juara bertahan,” kata Hastomo Arbi ketika dihubungi dari Semarang, Rabu (22/5/2013).

Pahlawan Piala Thomas 1984 (saat itu mengalahkan Han Jian dari China) mengakui memang hasil undian di babak perempat final tidak menguntungkan bagi Tommy Sugiarto dan kAwan-kawan tetapi harus tetap dihadapi dan tentunya hanya mengandalkan semangat.

“Kita harus tampil ‘fight’ melawan China meskipun peluangnya kecil. Semua kemungkinan masih bisa terjadi di lapangan sehingga kita harus tampil semangat dan jangan menyerah,” katanya.

Pada babak penyisihan grup, Indonesia kalah telak 0-5 dari China, tetapi dua nomor di antaranya berlangsung tiga set. Tunggal putri Aprilia Yuswandari kalah dari peringkat pertama dunua Li Xuerui (21-13,4-21, dan 11-21).

Kemudian ganda putra pasangan Angga Pratama/Hendra Setiawan kalah dari Cai Yun/Fu Haifeng (21-16,15-21, dan 15-21), sedangkan Tommy Sugiarto kalah dari Chen Long (17-21,11-21), Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari kalah daru Wang Xiaoli/Yu Yang (10-21 dan 13-21), Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir kalah Xu Chen/Ma Jin (13-21,7-21) Pada nomor tunggal putra baik Tommy maupun Dionysius Hayom Rumbaka masih kalah peringkat dunia dengan pemain China seperti Chen Long (2), Du Pengyu (3), dan Wang Zhengming (9).

Tommy Sugiarto yang menempati peringkat 20 dunia belum pernah menang lawan Chen Long dalam empat pertemua mereka, demikian juga dengan Hayom Rumbaka dalam tiga kali pertemuan mereka.

Pada tunggal putri juga sama, tetapi Lindaweni Fanetri memiliki rekor pertemuan cukup baik dengan Li Xueerui (1-1). Lindaweni berperingkat 15 dunia kalah dari Li pada Jerman Open 2013 tetapi pada Bitburger Open 2010 menang atas pemain China tersebut.

Sementara itu Aprilia Yuswandari berperingkat 22 dunia ini baru kalah sekali pada babak penyisihan Piala Sudirman 2013 dari Li Xuerui, sedangkan Belaetrix Manuputty memiliki rekor pertemuan 0-3 dengan Li Xuerui.

Kemudian pada ganda putra pasangan Ryan Agung Saputra/Angga Pratama baru sekali kalah dari pasangan Cai Yun/Fu Haifeng di Jepang Open 2010. kemudian pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berperingkat 13 dunia sudah dua kali kalah dari ganda China.

Pada ganda putri pasangan peringkat 17 dunia Gebby Ristiyani Imawan/Tiara Rosalia Nuraidah belum pernah bertemu ganda China peringkat satu dunia Wang Xiaoli/Yu Yang, sedangkan pasangan Greysia Polii/Meiliana Jauhari baru sekali kalah dari ganda China.

Sementara itu pada ganda campuran rekor pertemuan pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang menempati peringkat dua dunia melawan peringkat satu dunia Xu Chen/Ma Jin menjadi 2-7.

Selain Indonesia melawan China, babak perempat final akan mempertemukan Korea Selatan melawan Jerman, Taiwan melawan Denmark, dan Jepang melawan Thailand.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya