SOLOPOS.COM - Sudirman Cup (Detikcom)

Sudirman Cup (Detikcom)

Jakarta (Solopos.com)–Absennya pemain inti membuat peluang Indonesia di kejuaraan Piala Sudirman 2011 menjadi berat. Jangankan juara, untuk mencapai semifinal pun tim Merah Putih harus berjuang keras.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sudah lebih dua dekade Piala Sudirman tidak diraih oleh tim Indonesia. Puasa gelar ini boleh jadi bakal berlanjut di turnamen tahun ini.

Dalam kejuaraan yang berlangsung di Qingdao, China mulai 22 Mei mendatang, skuad Merah Putih tidak diperkuat sejumlah pemain andalannya. Tak ada Markis Kido/Hendra Setiawan, selanjutnya Taufik Hidayat mundur dan yang teraktual Lilyana Natsir harus out akibat cedera.

“Peluang kami makin menipis. Mau semifinal saja berat, karena mungkin andalan kami di mixed double, tunggal putra, dan ganda putra. Ketiadaan pemain utama itu otomatis mengurangi kekuatan. Sementara Malaysia, Korea Selatan, China, tampil full team,” kata mantan pebulutangkis Indonesia, Susi Susanti, Kamis (19/5/2011) siang WIB.

Peraih emas di Olimpiade 1992 itu mengemukakan bahwa para pemain muda yang akan menjadi andalan di Piala Sudirman nanti masih belum selevel dengan para seniornya.

“Tanpa mengecilkan kemampuan mereka, saya menilai pemain muda masih belum stabil. Mereka harus kerja keras sekali,” tambahnya.

Di Piala Sudirman edisi ke-12 nanti, tim Merah Putih akan berada satu grup dengan Malaysia dan Rusia. “Lawan Malaysia bisa bahaya sekali. Lawan Rusia saya kira masih bisa berharap,” ujar Susi.

Memang prestasi bakal sulit diraih di Piala Sudirman 2011. Susi berharap kejuaraan ini bisa menjadi ajang bagi para pemain muda untuk semakin mematangkan permainan dan performa mereka.

“Kita positive thinking saja. Saya hanya bisa mengatakan untuk pemain muda, ajang ini untuk menambah pengalaman dan wawasan untuk menghadapi turnamen-turnamen selanjutnya,” ujar peraih medali perunggu di Olimpiade 1996 tersebut.

(Detikcom/nad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya