SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Piala Soeratin 2016 bakal diikuti oleh Persis Junior.

Solopos.com, SOLO — Persis Junior terus mematangkan skuat dalam persiapan menghadapi ajang Piala Soeratin U-17 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Manajemen pun berencana menggelar sejumlah uji coba untuk mengasah kemampuan anak-anak sebelum turun di ajang bergengsi ini. Setidaknya Persis Junior bakal melakoni empat kali latih tanding, satu di antaranya partai tandang.

“Waktu kami tak banyak karena Agustus sudah mulai main untuk regional Jawa Tengah. Maka dari itu, untuk mengasah kemampuan dan mental, kami gelar uji coba. Mungkin yang pertama mereka akan melawan tim lokal,” papar manajer Persis Junior, Qorib Erick Masykuri, kepada wartawan, Selasa (12/7/2016).

Di samping itu, uji coba ini juga bertujuan untuk mencari kerangka utama tim. Jadwal terdekat Persis Junior adalah latih tanding melawan tim lokal, Minggu (17/7/2016). Tim yang masuk daftar calon lawan adalah yang sedang bermain di kompetisi internal Persis Solo baik Divisi I maupun Divisi II.

“Kalau bisa lawan tim yang setara atau malah di atas kami. Ini sebagai uji mental bertanding bagi anak-anak. Begitu pula untuk menjajal kemampuan mereka di lapangan,” imbuh Erik.

Sebanyak 38 pemain masuk termasuk magang memperkuat tim muda Laskar Sambernyawa musim ini. Kali terakhir mereka menjalani tes fisik VO2 Max yang digelar di Stadion Sriwedari, Minggu (10/7/2016) lalu. Tes VO2 Max ini dilakukan dengan metode Balke, yakni lari selama 15 menit dan diambil total jarak tempuh. Sayang, hasil tes ini masih jauh di bawah standart.

VO2 Max adalah volume maksimal oksigen yang diproses oleh tubuh manusia pada saat melakukan kegiatan yang intensif. Tes ini merupakan suatu tingkatan kemampuan tubuh yang dinyatakan dalam liter per menit atau milliliter/menit/kg berat badan.

“Hasil tes anak-anak masih jauh dari kata memuaskan. Ini perlu ditingkatkan lagi agar performa anak-anak tetap terjaga selama 90 menit,” ungkap pelatih Persis Junior, Muhammad Nur Hadi El Hamid.

Kelima pemain yang mendapatkan hasil tes terbaik adalah Ahmad Hasan (Solo Football Academy), Abimanyu (Solo Football Academy), Hendra Aji (Solo Football Academy), Batis Christu (MARS), dan Didik W (Solo Football Academy). Sedangkan terdapat dua pemain jebolan Persis Junior Piala Soeratin 2014 yang lolos seleksi, yakni Jamaludin Rais dan Marsudi Sigit.

“Tes ini kami jadikan pertimbangan, tapi bukan sebagai Patokan utama. Ada aspek lain jadi penilaian seperti kemampuan mengolah bola, daya jelajah pemain di lapangan dan kemampuan individu lain,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya