SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Piala Presiden yang menjadi pengganti turnamen Liga Super Indonesia, akan diikuti Persebaya 1927.

Solopos.com, SURABAYA — Persebaya 1927 bakal mengikuti turnamen Piala Presiden untuk meraih pengakuan dari Tim Transisi bentukan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Direktur Utama PT Persebaya Indonesia, Cholid Ghoromah, mengatakan Persebaya 1927 bisa mengikuti Piala Presiden asalkan pemerintah kembali mengakui eksistensi mereka. Sebelumnyam, Cholid mengklaim bahwa Persebaya 1927 telah mendaftarkan diri untuk berpartisipasi dalam Piala Presiden yang diselenggarakan promotor Mahaka Sports

“Kalau Persebaya kita diakui, kita sia [ikut Piala Presiden],” kata Cholid, seperti dilansir bola.net, Jumat (19/6/2015).

Sinyal positif juga diberikan Persija Jakarta terhadap turnamen bentukan Tim Transisi PSSI itu. Ketua Umum Persija Jakarta, Ferry Paulus, menyatakan pihaknya siap mengikuti Piala Presiden karena promotor turnamen telah mendapatkan dukungan dari PSSI. “Persija pasti ikut,” ujar Ferry Paulus.

Piala Presiden akan digelar seusai lebaran. Mahaka Sports tengah berupaya mendapatkan izin dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). Rekomendasi izin penyelenggaraan wajib dimiliki karena belajar dari kompetisi yang sebelumnya diselenggarakan PT Liga Indonesia (PT LI).

Piala Presiden akan digelar dengan format yang hampir sama dengan turnamen pra-musim Indonesia Super League (ISL). Setiap klub akan mendapatkan kontribusi komersial setiap babak. Turnamen itu akan digelar dengan peserta minimal 12 klub ISL.

Meski diprakarsai oleh Tim Transisi, tim bentukan Kemenpora itu tidak akan terlibat dalam penyelenggaraan Piala Presiden. Sebab, Mahaka Sports justru berencana melibatkan PSSI sebagai pemegang otoritas turnamen itu.

“Ya, untuk nanti gelaran Turnamen Piala Presiden yang dilakukan oleh Mahaka sebagai promotor, itu tidak ada campur tangan Tim Transisi atau pihak Kemenpora. Mereka sudah mengatakan kepada kami bahwa itu murni merupakan ide dan inisiatif mereka sendiri,” kata Sekjen PSSI, Azwan Karim, seperti dilansir liputan6.com, Kamis (18/6/2015). (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Inilah loga dan suporter Persebaya 1927 yang akan meramaikan piala Presiden. Ist/dok

Inilah loga dan suporter Persebaya 1927 yang akan meramaikan piala Presiden. Ist/dok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya