SOLOPOS.COM - Sebanyak 15.000 penonton atau 75 persen dari 20.000 penonton dari kapasitas maksimal Stadion Manahan akan diperkenankan hadir di stadion menyaksikan laga Piala Presiden 2022. (Burhan Aris Nugraha)

Solopos.com, JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa turnamen pramusim Piala Presiden 2022 dapat dihadiri penonton di stadion dengan jumlah 75 persen dari total kapasitas maksimal stadion dan itu berlaku di semua arena pertandingan. Stadion Manahan berkapasitas 20.000 penonton, dengan demikian sebanyak 15.000 penonton bisa menyaksikan laga di stadion ini.

Menurut Iriawan, kebijakan tersebut merupakan hasil dari rapat koordinasi antara PSSI, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Satgas Covid-19/BNPB serta Polri di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

“Kami sepakat setiap stadion dapat diisi 75 persen dari kapasitas maksimal,” ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu seusai pertemuan dikutip dari Antara.

Ia menegaskan bahwa nantinya tiket Piala Presiden 2022 hanya dapat dibeli secara daring. Setiap penonton mesti sudah mendapatkan dua dosis vaksin dan identitasnya wajib tercatat di aplikasi PeduliLindungi.

Artinya sebanyak 15.000 penonton yang boleh hadir di Stadion Manahan untuk menyaksikan laga Piala Presiden 2022 nanti diwajibkan minimal sudah mendapat vaksin dosis II tersebut.

Baca Juga: Pemain Lokal Persis Solo Jadi Pesaing Artigas dan Evans, Siapa Mereka? 

Pihak BNPB/Satgas Covid-19 juga meminta penyelenggara, dalam hal ini PSSI, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan khususnya penggunaan masker di stadion.

Sementara Menpora Zainudin Amali menyebut bahwa angka 75 persen dari kapasitas maksimal diambil lantaran Indonesia belum aman dari pandemi Covid-19. PPKM juga masih diterapkan di berbagai daerah.

Namun, Zainudin menyatakan bahwa angka 75 persen bisa saja berubah, mungkin berkurang, tetapi itu disesuaikan dengan kebijakan BNPB atau Satgas Covid-19.

“Patokan kami 75 persen, tetapi nanti BNPB dan Satgas Covid-19 akan menyampaikan rekomendasi,” tutur politikus Partai Golkar itu.

Baca Juga: Piala Presiden 2022 Berhadiah Rp5,5 Miliar, Ini Perinciannya

Piala Presiden 2022 akan digelar pada 11 Juni-17 Juli 2022. Kejuaraan ini berformat turnamen yang diawali fase penyisihan grup. Sebanyak 18 tim peserta dibagi ke dalam empat grup, di mana setiap grup memiliki satu tim tuan rumah.

Pembukaan Piala Presiden 2022 akan dilaksanakan di Stadion Manahan, Solo, pada 11 Juni 2022 dengan pertandingan Persis melawan PSS.

Baca Juga: Persis Solo Resmi Datangkan Pemain Asing Kedua Mereka, Ini Sosoknya

Pada Grup A dihuni Persis Solo (tuan rumah), PSIS, Dewa United, Persita dan PSS. Semua laga di grup A akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, yang berkapasitas 20.000 penonton. Dengan 75 persen penonton dari kapasitas yang diizinkan hadir di stadion artinya sebanyak 15.000 penonton bisa menyaksikan laga di Stadion Manahan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya