SOLOPOS.COM - Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Piala Presiden 2015 memasuki final. Kepolisian Jakarta mulai menjaga ketat di sekitar Stadion Gelora Bung Karno.

Solopos.com, JAKARTA — Laga final Piala Presiden 2015 yang mempertemukan Persib vs Sriwijaya FC  akan digelar Minggu (18/10/2015), pihak keamanan terus mematangkan keamanan area Stadion Gelora Bung Karno Senayan (GBK), Jakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana diberitakan Detik, Sabtu (17/10/2015), sejauh ini lokasi sekitar Stadion GBK masih aman. Pemeriksanaan lokasi laga final Piala Presiden 2015 dilakukan oleh gabungan kepolisian sektor DKI Jakarta. Di antaranya Kapolsek Pancoran, Kompol Minto Padal Putro, dan empat Kapolsek lain dari kawasan Jakarta Selatan.

“Sudah sejak pukul 08.00 WIB kami menjalani apel dengan petugas keamanan lainnya. Ada ratusan polisi yang mengikuti apel tadi. Setelah itu melakukan pengecekan di pos masing-masing sesuai dengan yang sudah direncanakan. Ini kami lakukan sesuai dengan arahan dari Bapak Kapolda untuk seluruh jajaran,” kata Minto.

Hasil dari pengecekan menjelang final Piala Presiden 2015 tadi, masih dalam kondisi aman dan tidak ada tanda-tanda yang anarkis. “Ini memang sudah menjadi tugas kami, mengingat kalau bobotoh yang ada di jakarta ini selalu di penanganan khusus untuk adanya adik-adik kita suporter Jakarta, The Jakmania,” ungkapnya.

Ada sekitar puluhan kepolisian yang sedang bertugas dan berjaga di sekitar GBK. Hal itu untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan menjelang final Piala Presiden 2015.

Selain petugas dari kepolisian, provost juga ikut mengamankan, di tambah beberapa barakuda yang sudah ada di sekitar GBK untuk berjaga.

“Jumlah ini masih akan bertambah karena masih banyak suporter yang datang dari Bandung menuju Jakarta. Pancoran yang diturunkan untuk menjaga sekitar 30-an polisi. Selain itu, mulai dari perbatasan Bekasi sampai masuk GBK, pengamanannya terus diawasi,” tambah Minto.

Sebagaimana dilansir Liputan6.com, Sabtu, sejarah panjang permusuhan antara suporter Persib, Bobotoh, dengan pendukung Persija Jakarta, The Jakmania, menimbulkan kekhawatiran akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam final Piala Presiden 2015.

Pihak kepolisian dan TNI sudah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi. Pengamanan ketat akan diberlakukan sebelum, saat dan sesudah pertandingan. Sehari jelang pelaksanaan partai final Piala Presiden 2015, Polri dan TNI melakukan gelar persiapan di kawasan Gelora Bung Karno.

Polda Metro Jaya mengerahkan mobil water cannon dan Barracuda disiapkan untuk mengamankan pemain Persib Bandung dan Sriwijaya FC di final Piala Presiden 2015.

Polda Metro Jaya juga menyiapkan panel data pengamanan final Piala Presiden 2015. Pengalihan arus lalu lintas mungkin dilakukan hari Minggu besok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya