PIALA LIGA INGGRIS : Tersingkir, Newcastle Memang Tak Siap Adu Penalti
Pelatih Newcastle United, Rafael Benitez, dan Jonjo Shelvey. (Reuters / Andrew Yates)

Piala Liga Inggris diwarnai dengan kekalahan Newcastle di babak perempatfinal.

Solopos.com, HULL — Pendukung Newscastle United berharap besar kepada pelatih Rafael Benitez di Piala Liga musim ini. Maklum, pria asal Spanyol tersebut memang dikenal memiliki reputasi bagus di ajang Cup dalam karier kepelatihannya.

Sayangnya, Benitez belum mampu membawa ambisi pendukung The Magpies, julukan Newcastle, meraih trofi di Piala Liga setelah langkah mereka terhenti pada babak perempat final di kandang Hull City, KCOM Stadium, Rabu (30/11) dini hari WIB. Newcastle disingkirkan Hull secara dramatis lewat adu penalti 1-1 (1-3).

Newcastle sebenarnya dalam posisi di atas angin ketika Hull harus bermain 10 orang sejak Dieumerci Mbokani diusir keluar lapangan pada menit ke-89. Kedudukan 0-0 bertahan hingga waktu normal sehingga pertandingan harus dilanjutkan babak perpanjangan waktu.

The Magpies sempat unggul melalui gol Mohamed Diame ketika babak perpanjangan waktu baru berjalan delapan menit. Namun keunggulan pasukan Benitez hanya bertahan sekitar 20 detik. Pemain Hull, Robert Snodgrass, mampu menyamakan kedudukan setelah memanfaatkan bola rebound.

Newscastle mengalami sial di adu tos-tosan. Tiga eksekutor penalti mereka, Jonjo Shelvey, Dwight Gayle, dan Yoan Gouffran, gagal mencetak gol dari titik putih. Hanya Christian Atsu yang mampu menyumbang gol bagi Newcastle di adu penalti itu. Sebaliknya, tiga penendang penalti Hull, Snodgrass, Michael Dawson, dan Tom Huddlestone, tidak ada yang gagal menyarangkan gol.

Newcastle memang sepertinya tidak siap menghadapi adu tos-tosan ini. Benitez mengaku timnya tidak berlatihan menendang penalti sebelum pertandingan di KCOM Stadium. Apa alasan Benitez?

“Kami [tidak berlatih penalti] karena itu [adu penalti] berbeda ketika terjadi pada pertandingan dengan saat latihan,” jelas mantan pelatih Valencia, Liverpool, dan Chelsea, tersebut, seperti dilansir Hitc.com.

Sejarah menunjukkan Newcastle memang tidak berjodoh dengan adu tendangan 12 pas. Ini menjadi kegagalan adu penalti ke-9 dalam 10 percobaan The Magpies di semua kompetisi. Kali terakhir mereka menang adu tos-tosan yakni saat masih diperkuat Steve Harper sekitar 10 tahun silam.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom