SOLOPOS.COM - Gelandang Manchester United Javier Hernandez bersaing dengan Ki Sung-Yueng. JIBI/Reuters/Nigel Roddi

Solopos.com, MANCHESTER — Manchester United tak juga bangkit dari keterpurukan. Terseok-seok di Liga Primer, The Red Devils juga gagal di Piala Liga setelah dikalahkan Sunderland lewat adu penalti.

The Black Cats, julukan Sunderland pun akan menantang Manchester City di final Piala Liga Inggris. Pada leg kedua semifinal yang dihelat di Old Trafford, Kamis (23/1/2014) dinihari WIB, MU yang tertinggal 1-2 di leg pertama unggul 1-0 berkat gol Jonny Evans di babak pertama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Skor tersebut bertahan hingga waktu normal habis dan laga harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Di babak ini Sunderland mencetak gol lewat Phil Bardsley sebelum MU berbalik unggul di detik-detik akhir lewat Javier Hernandez.

Dalam drama adu penalti yang menentukan kelolosan, MU hanya menyarangkan satu penalti dari lima eksekutor yang ada. Sementara Sunderland berhasil melesakkan dua dari lima kesempatan.

Alhasil Sunderland asuhan Gustavo Poyet melaju ke partai puncak untuk menghadapi City di New Wembley 2 Maret mendatang.

Dilansir detiksport, MU langsung menekan sejak menit awal demi mencetak gol secepat mungkin ke gawang Sunderland. Di menit kelima peluang pertama didapat MU ketika free kick Adnan Januzaj disambut tandukan Javier Hernandez di tiang jauh. Tapi Vito Mannone dengan sigap menepis bola tersebut.

Sunderland baru dapat kans mencetak gol di menit 18 ketika Adam Johnson memberikan bola diagonal ke arah Fabio Borini. Usai menyentuh satu kali si kulit bundar, Borini melepaskan tendangan first time namun bola melayang di atas mistar David De Gea.

Pada menit 36 gawang Sunderland benar-benar jebol setelah korner Januzaj disambut sepakan Welbeck. Tapi bola malah mengarah ke Evans yang berdiri bebas di depan gawang dengan mudah menanduknya untuk jadi gol, 1-0.

Di babak kedua pertandingan berjalan relatif biasa saja meski MU masih mendominasi dengan penguasaan bola dan tekanan ke pertahanan Sunderland. Skor 1-0 tetap bertahan untuk keunggulan MU dan laga harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu 30 menit.

Sunderland di ambang kelolosan ke final ketika Bardsley di menit 119 mencetak gol lewat tembakan dari luar kotak penalti. Bola awalnya berada di jalur De Gea dan mampu ditangkapnya, namun tiba-tiba terlepas lalu meluncur ke dalam gawang.

Namun semenit kemudian Hernandez memaksa Sunderland memainkan babak adu penalti usai membawa MU unggul 2-1 di detik-detik akhir lewat tembakan dari jarak dekat. Agregat kedua tim kini sama kuat 3-3.

Di drama adu penalti dari 10 pemain yang jadi eksekutor, cuma tiga pemain yang sukses menyarangkan gol. Adalah Sunderland yang menang dengan skor 2-1 atas MU di babak tos-tosan ini. (JIBI/Solopos)

Adu Penalti:
Sunderland
Craig Gardner: Gagal
Steven Fletcher: Gagal
Marcos Alonso: Gol
Ki: Gol
Adam Johnson: Gagal

MU
Danny Welbeck: Gagal
Darren Fletcher: Gol
Adnan Januzaj: Gagal
Phil Jones: Gagal
Rafael: Gagal

Susunan Pemain
MANCHESTER UNITED: De Gea; Rafael, Smalling, Evans, Buttner (Evra 84′); Kagawa (Valencia 61′), Carrick (Jones 94′), Fletcher, Januzaj; Welbeck, Hernandez

SUNDERLAND: Mannone; Bardsley, Alonso, Brown, O’Shea; Cattermole (Gardner 83′), Colback, Ki, Johnson; Borini (Altidore 86′), Fletcher.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya