SOLOPOS.COM - Manager Manchester City Manuel Pellegrini saat bertemu pers menjelang laga Liga Champions. JIBI/Reuters/Carl Recine

Piala liga Inggris mempertemukan dua klub bertabur bintang, Liverpool vs Manchester City. Ini prediksinya.

Solopos.com, LONDON — Apakah Jurgen Klopp akan mempersembahkan gelar pertama bagi Liverpool? Atau Manuel Pellegrini yang akan mengangkat trofi sebelum meninggalkan Manchester City akhir musim ini?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pertanyaan itu akan terjawab dalam partai final Capital One Cup (Piala Liga) di Stadion Wembley, London, Minggu (28/2/2016) pukul 23.30 WIB. Partai puncak Piala Liga musim ini memang bakal menjadi final spesial tactician masing-masing tim.

Klopp langsung mendapat kesempatan mempersebahkan trofi pertama bagi Liverpool sejak menggantikan Brendan Rodgers di kursi panas tim berjuluk The Reds, sekitar empat bulan lalu. Mantan der trainer Borussia Dortmund tersebut bisa memberi motivasi besar bagi Liverpool yang puasa gelar sejak menjuarai Piala Liga pada 2012.

“Saya cukup lama mengetahui saya sangat haus kesuksesan. Untuk meyakinkan itu kami akan buktikan pada final nanti dan berusaha untuk mewujudkannya. Ini penting bagi klub, suporter, dan para pemain. Banyak manajer yang telah bekerja sepanjang hidupnya tapi tidak pernah memilikin peluang untuk meraih beberapa gelar. Namun dalam waktu singkat [sebagai pelatih Liverpool) kami punya peluang itu,” jelas Klopp, seperti dilansir liverpoolecho.co.uk, Sabtu (27/2/2016).

Apabila berhasil mengempaskan City malam nanti, Liverpool akan semakin mengukuhkan predikat sebagai pengoleksi trofi Piala Liga terbanyak menjadi sembilan gelar. Rekor Liverpool di final Piala Liga cukup bagus. Dalam 11 kali kesempatan di partai puncak, mereka sukses menang delapan kali.

Namun, Klopp memiliki rekor kurang menyenangkan dalam kariernya di partai final. Dalam delapan kali partai puncak yang pernah dia jajaki bersama Dortmund, Klopp menderita lima kekalahan. Celakanya, salah satu kekalahan itu terjadi di Wembley, ketika Dortmund ditaklukkan Bayern Munich 1-2 pada final Liga Champions 2012/2013.

“Ini final, tidak ada orang yang peduli dari mana Anda datang atau di mana Anda bermain dalam laga sebelumnya, itu tidak jadi pemikiran. Tidak ada gunanya, segalanya terbuka,” jelas Klopp, seperti dilansir soccerway.com.

Sementara Pellegrini pernah mengangkat trofi Piala Liga di Wembley bersama City pada 2014. Memori manis itu bakal menjadi motivasi pelatih asal Chile tersebut untuk memberi kenang-kenangan berharga bagi City sebelum posisinya digusur Josep “Pep” Guardiola musim depan.

“Bermain di sebuah final di Wembley melawan tim besar seperti Liverpool sangat penting bagi kami, sekaligus memenangi trofi pertama musim ini. Saya selalu ingin memenangi semua gelar di mana saya ikut berkompetisi di dalamnya, karena itu mentalitasku dan mentalitas sebuah klub besar,” ujarnya.

Dengan taktik gegenpressing andalan Klopp, Liverpool menghabisi City 4-1 pada pertemuan terakhir kedua tim di Etihad, November silam. Serangan Liverpool bisa saja semakin tajam setelah kembalinya Daniel Sturridge pascacedera panjang. Bersama striker Timnas Inggris, Liverpool seperti mendapat hoki. Rasio kemenangan yang diperoleh The Reds lebih tinggi ketika mereka diperkuat Sturridge, yakni 65% (dengan Sturridge) berbanding 41% (tanpa Sturridge).

Sturridge akan beradu ketajaman dengan bomber utama City, Sergio Aguero. Sementara itu, gelandang Liverpool, Philippe Coutinho dan playmaker City, David Silva, bakal memiliki peran vital dalam mengkreasi peluang gol bagi tim masing-masing. “Liverpool membuat penampilan sangat bagus saat di Etihad namun kami tidak boleh membuat banyak kesalahan lagi terutama pada 15 menit pembuka,” janji Pellegrini.

Liverpool Vs Manchester City
Live SCTV, Minggu (28/2/2016) pukul 23.30 WIB
Stadion: Wembley (London)
Wasit: Michael Oliver

Liverpool (4-3-3) Pelatih: Jurgen Klopp (Jerman)
Mignolet
Clyne, Leiva, Sakho, Moreno
Milner, Henderson, Can
Sturridge, Firmino, Coutinho
Cadangan: Origi, Joao Carlos, Benteke, Smith, Ward, Chirivella, Lovren

Manchester City (4-2-3-1) Pelatih: Manuel Pellegrini (Chile)
Caballero
Sagna, Otamendi, Kompany, Clichy
Fernando, Toure
Fernandinho, Silva, Sterling
Aguero
Cadangan: Hart, Iheanacho, Zabaleta, Kolarov, Mangala, Demichelis, Manuel Garcia

Tiga Pertemuan Terakhir
22/11/2015 Liga Premier Manchester City 1 – 4 Liverpool
1/3/2015 Liga Premier Liverpool 2 – 1 Manchester City
26/8/2014 Liga Premier Manchester City 3 – 1 Liverpool

Sumber: Whoscored.com/capitalonecup.co.uk/soccerway.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya