SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, MANCHESTER — Predisi Mancherster United vs MK Dons telah beredar. Berhitung dengan seksama dan membuat kalkulasi secara cermat mengenai kekuatan diri sendiri merupakan langkah awal ketika hendak meraih kemenangan di tengah dua hasil laga yang jauh dari sukacita.

Ini jelas-jelas bukan pekerjaan rumah yang mudah bagi pelatih Manchester United (MU), Louis Van Gaal.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Pelatih asal Belanda itu bukan sebatas menghadapi pilihan ini atau pilihan ini (dilema) melainkan perlu mendulang kemenangan agar tidak mengusung stigma sebagai tim yang pernah jaya kini mendulang derita.

Manchester United berharap menang ketika menghadapi MK Dons dalam duel putaran II Piala Liga yang digelar di Stadion MK pada Selasa waktu setempat atau Rabu (27/8) dini hari WIB, pukul 02.00 WIB.

Meraih kemenangan ketika melawan MK Dons merupakan hasil absolut. Tidak bisa ditawar lagi demi memenuhi dahaga jaya.

Tak habis dirundung malang. United mengalami kekalahan dari Swansea 1-2 (16/8) kemudian menuai hasil imbang 1-1 kontra Sunderland (24/8).

Ekspedisi Mudik 2024

Ingatan publik bola menjadi-jadi lantaran capaian Wayne Rooney dan kawan-kawan hanya finis di posisi ketujuh dalam kompetisi EPL 2013/14. Capaian ini adalah kejadian pertama skuat Red Devils dalam 19 tahun terakhir.

Sungguh bukan sebatas dilema, melainkan pertaruhan harga diri di rel kesejatian laga. Kemenangan menelorkan kebanggaan, dan kemenangan menghasilkan kesejatian diri.

Kini, kesejatian United dihadapkan kepada kenyataan bahwa mereka harus tampil berjuang di kompetisi level tiga di Inggris setelah Premier League dan Piala FA. Beban justru berada di pundak Van Gaal.

Van Gaal bukan tanpa harapan. Paling tidak ia perlu menyelesaikan pekerjaan rumah dengan melakukan rotasi pemain agar terbuka peluang meraih trofi. Kini United belum dapat menurunkan Michael Carrick, dan Ander Herera (cedera pergelangan kaki), Luke Shaw (hamstring) hingga Jesse Lingard (cedera lutut).

Sejumlah pilihan tersaji di pinggan kemenangan. Van Gaal diharapkan mampu menjatuhkan pilihan kepada sejumlah pemain muda. Sebut saja, Reece James, James Wilson, Sam Johnstone atau Ben Amos.

Reece James mampu tanpil apik di tur pra-musim. Ia patut diberi kesempatan turun di laga melawan MK Dons, sebagai solusi atas penampilan Ashley Young yang kian meredup ketika menempati posisi bek sayap dalam dua laga terakhir.

James Wilson dapat menempati posisi sebagai striker sebagaimana ia tunjukkan ketika United turun di akhir kompetisi tahun lalu. Tidak bisa tidak, Van Gaal berpaling kepada skuat muda.

Di bawah mistar, Ben Amos menjadi alternatif, mengingat Anders Lindegaard diterpa isu “akan meninggalkan Manchester United”. Selain itu, Shinji Kagawa belum juga memikat hati Van Gaal.

Fans setia Manchester United nimbrung bersuara. Mereka berharap Adnan Januzaj dapat menjadi bagian dari otot kekuatan skuat asuhan Van Gaal.

Hanya saja ia belum menunjukkan performa positif di musim ini. Terbuka kemungkinan ia diturunkan dalam laga kali ini. Pilihan jatuh kepada trio, yakni Kagawa, Januzaj dan Wilson atau Welbeck.

Marcos Rojo? Ia belum dapat diturunkan ketika United menghadapi Sunderland karena masih terkendala dengan surat ijin kerja. Belum jelas benar apakah ia akan tampil secara reguler di tim pertama United. Jika saja ijin kerja sudah keluar, maka ia dapat melakukan debut dalam pertandingan ini.

Komentar dua pelatih 

Komentar dua pelatih:

* Karl Robinson (MK Dons):
“Kami harus siap memakai helm dan memarkir bis. Semuanya ini anda harus lakukan jika bertanding melawan tim cemerlang”

* Louis Van Gaal (Manchester United):
“Kami harus mampu mendominasi permainan dengan membuat operan-operan yang kreatif dalam laga ketiga ini. Kami tidak ingin mendominasi tanpa menciptakan kesempatan mencetak gol.”

“Menciptakan peluang dan mencetak gol adalah tujuan dari sebuah pertandingan. Kami harus terus meningkatkan kreativitas dalam melepas umpan.”

“Bukan hal yang umum dalam sebuah tim apabila empat gelandangnya mengalami cedera. Setiap klub pasti saja menghadapi masalah dalam kondisi seperti ini. Ini boleh jadi menjadi alasan saya dapat saja menurunkan dan memainkan (Adnan) Januzaj di lini gelandang.”

Data dan Fakta

Data dan fakta

* Ini laga kali pertama yang mempertemukan Manchester United dan MK Dons.
* MK meraih dua kemenangan dari enam duel melawan tim yang menghuni Premier League di ajang Piala Liga.
* The Red Devils menyabet lima dari enam pertandingan terakhir melawan tim yang berasal dari skuat di divisi yang lebih rendah.

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Milton Keynes Dons 0-4 Man Utd. (28,92 persen)
* Milton Keynes Dons 0-3 Man Utd. (23,13 persen)
* Milton Keynes Dons 0-2 Man Utd. (13,43 persen)

Lima Laga Terakhir dan Prediksi Laga 

Lima Laga Terakhir dan Prediksi Laga 

Lima laga terakhir

* MK Dons:
Aug 23, 2014 Milton Keynes Dons 0 – Coventry 0 EFL1
Aug 19, 2014 Chesterfield F.C. 0 – Milton Keynes Dons 1 EFL1
Aug 16, 2014 Peterborough United 3 – Milton Keynes Dons 2 EFL1
Aug 12, 2014 Milton Keynes Dons 3 – Wimbledon 1 CCUP
May 3, 2014 Milton Keynes Dons 1 – Leyton Orient 3 EFL1



Man Utd:
Aug 24, 2014 Sunderland 1 – Man Utd. 1 EPL
Aug 16, 2014 Man Utd. 1 – Swansea 2 EPL
Aug 12, 2014 Man Utd. 2 – Valencia CF 1 FR
Aug 5, 2014 Liverpool 1 – Man Utd. 3 ICC
Aug 2, 2014 Man Utd. 3 – Real Madrid CF 1 ICC

 

Prediksi hasil laga:

* Pasukan Van Gaal bakal siap tempur melawan tim yang nota bene masih jauh di bawah kualitas rata-rata pemain Red Devils.

* Akankah terjadi hujan gol ke gawang MK Dons? Apakah memang MK Dons “memarkir bus” dengan menumpuk pemain di lini pertahanan untuk menghalau serangan bertubi-tubi United?

* Kali ini fans Manchester United tidak bakal menuai kecewa, karena “kemenangan berada di depan mata”, hanya ketidakberuntungan yang mampu menunda kemenangan skuat Setan Merah kali ini.

Prakiraan Susunan Pemain 

Prakiraan susunan pemain



* MK Dons (4-4-1-1):
Mc Loughlin (penjaga gawang), Lewington, Kay, McFadzaen, Baldock, Bodwitch, Reeves, Potter, Powell, Alil, Grigg
Pemain cadangan:
Burns, Randall, Curutters, Afobe, Flanagan, Hitchcock, Spence

* Manchester United (3-4-1-2):
Amos (penjaga gawang), Keane, Jones, Blackett, Rafael, Powell, Fletcher, James, Januzaj, Welbeck, Wilson
Pemain cadangan:
Lindegaard, vermijl, Varela, Valencia, Kagawa, Zaha, Hernandez

 





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya