SOLOPOS.COM - Pemarin Brasil Neymar (kanan) dan rekan-rekannya sedang berlatih tendangan bebas menjelang Piala Konfederasi 2013. Reuters/Kai Pfaffenbach

Pemarin Brasil Neymar (kanan) dan rekan-rekannya sedang berlatih tendangan bebas menjelang Piala Konfederasi 2013. Reuters/Kai Pfaffenbach

FORTALEZA – Tuan rumah Piala Konfederasi, Brasil, akan menghadapi Meksiko di pertandingan kedua Grup A di Estadio Castelao, Fortaleza, malam nanti, atau Kamis (20/6/2013) dinihari WIB. Bagaimanakah peluang masing-masing tim dalam laga yang akan disiarkan secara langsung oleh TVOne ini?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kedua tim menatap pertandingan dengan bekal yang berbeda. Brasil punya keunggulan karena bermain di hadapan pendukungnya serta baru saja menjungkalkan Jepang dengan angka telak 3-0 di laga perdana. Sementara Meksiko tak berhasil mencegah dominasi Italia di partai pertama dan kalah 1-2.

Selecao dan El Tri Color telah bertemu 18 kali sepanjang sejarah di semua kompetisi. Brasil sedikit lebih unggul dengan memegang 10 kali kemenangan berbanding delapan milik Meksiko.

Tim “Samba” tercatat telah memasukkan 33 gol ke gawang rivalnya itu, dengan rata- rata 1,83 gol per pertandingan. Sebaliknya, Meksiko baru menjebol gawang Brasil sebanyak 21 kali, rata-rata 1,17 gol per laga.

Kendati demikian, Meksiko sedikit lebih baik dalam rekor lima pertemuan terakhir. Mereka berhasil meraih tiga kemenangan dan dua lainnya berujung kekalahan.

Ini juga tidak bisa menjadi jaminan karena Javier Hernandez dkk. punya rekor buruk dalam 10 pertandingan terakhir di berbagai ajang. Mereka hanya mampu memetik satu kemenangan, delapan seri, dan satu kali kalah.

Tren tim asuhan Jose Manuel de la Torre juga cenderung menurun. Setelah terakhir kali menang 1-0 atas Jamaica 5 Juni lalu, berturut-turut mendapatkan dua hasil imbang lalu terakhir kalah oleh Italia.

Sementara Brasil punya catatan yang lebih baik. Dari 10 laga terakhir semua ajang, mereka meraih empat kemenangan, lima seri, dan satu kali kalah. Trennya juga meningkat. Setelah hasil seri melawan Chile dan Inggris, mereka berturut-turut meraih dua kemenangan besar, masing-masing 3-0 saat melawan Prancis dan Jepang.

Menilik rekor ini, Brasil memang berada dalam posisi yang lebih baik daripada Meksiko. Namun tak pernah ada yang pasti dalam sepakbola. Tren positif Brasil bisa saja terhenti di pertandingan dinihari nanti, memberikan asa bagi Meksiko lolos ke semifinal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya