SOLOPOS.COM - Para pemain Portugal merayakan gol. (REUTERS/Rafael Marchante)

Piala Konfederasi 2017 akan menyajikan duel Portugal vs Selandia Baru.

Solopos.com, SAINT PETERSBURG — Portugal bersaing sengit dengan Meksiko dan Rusia dalam perebutan dua lembar tiket ke semifinal Piala Konfederasi 2017. Tapi tim berjuluk Selecao das Quinas itu masih bisa menentukan nasib lewat tangan mereka sendiri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penentuan siapakah dua tim yang bakal melenggang ke fase knock-out di Grup A baru bisa diketahui pada partai penutup, Sabtu (24/6/2017) pukul 22.00 WIB. Dalam waktu hampir bersamaan, Portugal akan bertemu Selandia Baru di Stadion Krestovskyi, Saint Petersburg. Sementara Meksiko akan berhadapan dengan Rusia di Kazan Arena.

Jarak tiga tim di papan klasemen sementara Grup A tak terpaut jauh. Meksiko dan Portugal bakal sama-sama mengoleksi empat poin, sementara Rusia dengan tiga poin. Portugal hanya kalah produktivitas memasukkan gol dibandingkan Meksiko. Sehingga Cristiano Ronaldo cs. bertengger di urutan kedua, yang menjadi zona terakhir lolos ke fase knock-out.

Meski demikian, Portugal memiliki peluang paling besar lolos ke semifinal. Itu karena Selandia Baru sudah tidak memiliki kepentingan apa-apa pada partai ini setelah dipastikan tersingkir dari Piala Konfederasi. Maka akan kebangetan jika tim polesan Fernando Santos bisa sampai kalah dari Selandia Baru dan gagal lolos ke fase knock-out.

Portugal bertekad bulat mengamankan tiket ke fase knock-out. Untuk itu, Selecao das Quinas tak mau memedulikan omongan orang lain yang selama ini mengkritik gaya permainan mereka. Nada sumbang menerpa Seleao das Quinas karena bermain pragmatis saat menjuarai Euro 2016.

Luis Nani dkk.  Kritikan itu kembali muncul dalam dua laga pertama Portugal pada Grup A Piala Konfederasi 2017 ini. Portugal ditahan imbang Meksiko 2-2 pada laga perdana, Minggu (18/6/2017) WIB. Tiga hari kemudian, mereka hanya menang tipis 1-0 atas tuan rumah Rusia.

“Kami harus menjadi diri sendiri, jangan pedulikan orang lain dan yakin pada apa yang sudah membawa kami sampai juara Euro. Kami bertarung dengan kemampuan terbaik, untuk mengukir nama Portugal sebisa mungkin, selalu menghormati lawan,” jelas bek sentral Portugal, Pepe, seperti dilansir Fourfourtwo.com, Jumat (23/6).

Meski mengaku respek kepada Selandia Baru, bukan tidak mungkin Portugal akan mengistirahatkan sejumlah pemain bintang. Pelatih Selecao das Quinas, Fernando Santos, mungkin akan menyimpan Ronaldo, yang  telah menyokong satu gol dan satu assist di Piala Konfederasi kali ini.

Sebagai gantinya, Santos bakal menduetkan Andre Silva dan Luis Nani di lini depan. Mereka akan mendapat pasokan aliran bola dari sayap kanan yang dikomandoi bintang baru Manchester City, Bernardo Silva.

Sementara para pemain Selandia Baru akan bertarung demi harga diri mereka . Tim yang tak pernah menang dalam 11 laga dalam sejarah keikutsertaan merela  Piala Konfederasi itu, tentu tak ingin pulang dengan tangan dari Rusia setelah menelan kekalahan dua tahun beruntun dari Meksiko dan Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya