SOLOPOS.COM - Para pemain Persis Solo sedang berlatih untuk menghadapi Piala Kemerdekaan sebentar lagi. JIBI/Solopos

Piala Kemerdekaan 2015 akan mempertemukan Persis Solo vs Persinga Ngawi di laga ketiga grup C.

Solopos.com, SOLO – Kans Persis Solo lolos dari babak penyisihan Grup C Piala Kemerdekaan memang semakin menipis. Namun, kesempatan itu tetap terbuka jika Laskar Sambernyawa mampu mengatasi perlawanan Persinga Ngawi di Stadion Manahan, Solo, Kamis (20/8/2015) sore WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Laga kontra Persinga memang akan menjadi partai hidup-mati bagi Persis. Pasukan Aris Budi Sulistyo itu wajib meraih poin tiga untuk menghidupkan kembali peluangnya lolos ke delapan besar. Namun, jika kembali menelan kekalahan atau bahkan seri, langkah Persis pun semakin tertutup.

Kondisi itu tak terlepas dari hasil mengecewakan yang diderita Persis di dua laga sebelumnya. Dalam dua laga terakhir, Persis hanya mampu mengumpulkan satu poin setelah kalah 2-3 dari PPSM Magelang dan seri 0-0 dengan PSIR Rembang.

Dengan torehan satu poin itu, Persis pun tak kunjung beranjak di urutan keempat atau tertinggal lima poin dari pemuncak klasemen sementara, PPSM dan terpaut tiga poin dari Persinga dan Persiba Bantul, yang bercokol di urutan dua dan tiga.

Karenanya untuk mengejar defisit itu, tak ada kata lain bagi Persis selain meraih kemenangan. Dan target itu bukanlah sesuatu hal yang mustahil mengingat Persis akan kembali tampil di depan pendukungnya.

Hanya saja, saat ini Persis memang sedang dilanda krisis percaya diri. Kegagalan meraih kemenangan di dua laga terakhir menjadi beban mental Bayu Andra dkk.

Direktur Teknik dan Olahraga Persis, Totok Supriyanto, menyadari tekanan yang dialami para pemainnya. Meski demikian, ia berharap tekanan itu mampu teratasi.

“Saya sadar tekanan yang dimiliki pemain saat ini dan untuk menghindarinya sangat sulit. Tapi, sebagai pemain saat dalam posisi tertekan harusnya bisa lebih bersemangat. Motivasi inilah yang kita butuhkan,” ujar Totok saat dihubungi Solopos.com, Rabu (19/8/2015).

Menghadapi Persinga, Totok mengaku akan ada sedikit rotasi. Skema 4-4-2 akan tetap dipertahankan, namun dengan menempatkan dua striker yang memiliki karakter berbeda tidak seperti saat melawan PSIR. Saat itu, Persis menempatkan dua striker yang memiliki tipikal hampir sama, yakni Johan Yoga Utama dan Ferry Anto, hingga membuat suplai bola di lini depan sedikit berkurang.

“Mungkin nanti ada perubahan, tak hanya di lini depan, tapi juga belakang,” ungkap Totok.

Sementara itu, Pelatih Persinga, M. Hasan, mengaku laga kontra Persis akan menjadi kunci timnya melaju ke babak selanjutnya. Karena itu, timnya pun siap menambah penderitaan Persis.

“Setelah menghadapi Persis, kami tinggal melawan PSIR dan PPSM. Kalau bisa meraih poin penuh lawan Persis dan PSIR, tentu beban kami untuk lolos semakin ringan,” tutur Hasan.

Hasan pun optimistis timnya bisa mewujudkan hal itu. Rekor pribadinya yang selalu meraih hasil apik lawan Persis saat menangani PPSM musim lalu menjadi motivasi tambahan guna memenuhi ambisi itu.

“Saya rasa kami mampu. Persis saat ini tengah mengalami tekanan yang sangat berat. Kami akan memanfaatkannya,” tambah Hasan.

Prediksi susunan pemain Persis Solo vs Persinga Ngawi:

Persis Solo: Agung Prasetyo; Akbar Riansyah, Sofyan Efendi, Gusripen Efendi, Qoiron Sandy; Saddam Husain, Susanto, Bayu Andra, Andrid Wibowo; Dimas Galih, Johan Yoga.

Pelatih: Aris Budi Sulistyo

Persinga Ngawi: Aditya; Bilal, Sitepu, Slamet Sampurno, Yaru; Jeffri Kurniawan, Jamnur, Galih, Haris; Zufri, Larso

Pelatih: M. Hasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya