Piala Eropa dan Copa America Resmi Ditunda ke 2021
Piala Eropa 2020 (Reuters/Anton Vaganov)

Solopos.com, SOLO – Turnamen sepak bola Piala Eropa dan Copa America sedianya digelar pada 2020 ini. Namun karena wabah virus corona, turnamen sepak bola antarnegara itu harus ditunda hingga 2021 mendatang.

Virus corona yang kini sudah menjadi pandemi memangmembuat event-event olahraga ditunda. Liga-liga di Eropa juga sudah ditunda, yang berimbas pada pelaksanaan turnamen antarnegara seperti Piala Eropa dan Copa America yang digelar pada musim panas.

Sepakat Jokowi Tolak Lockdown, Pengamat UNS Solo: Indonesia Terlalu Luas

Dikutip dari detik.com, Rabu (18/3/2020), UEFA selaku otoritas sepak bola di Benua Biru telah melakukan rapat untuk membahas pelaksanaan Piala Eropa 2020. Rapat tersebut dilakukan lewat teleconference, dihadiri oleh 55 federasi negara anggota, perwakilan FIFPRO, direksi European Club Association, dan direksi European Leagues.

Hasilnya, pelaksanaan Piala Eropa resmi ditunda hingga 2021 mendatang. Apalagi, pelaksanaan Piala Eropa kali ini tidak menggunakan sistem satu tuan rumah. Ada 12 negara yang menjadi tuan rumah pada Piala Eropa kali ini.

“UEFA hari ini mengumumkan penundaan turnamen Piala Eropa 2020, yang seharusnya dimainkan pada Juni-Juli tahun ini,” tulis UEFA dalam situs resmi mereka.

Solo KLB Corona, Muktamar Muhammadiyah Ditunda

“Kesehatan semua pihak yang terlibat dalam turnamen ini menjadi prioritas utama, termasuk menghindari tekanan kepada layanan publik negara-negara yang akan menjadi tuan rumah. Penjadwalan ulang ini akan membuat seluruh kompetisi domestik yang tertunda karena pandemi virus corona bisa diselesaikan,” sambung pernyataan tersebut.

UEFA juga secara resmi menunda seluruh pertandingan kompetisi antar klub Eropa hingga waktu yang belum ditentukan. Sedangkan untuk play-off Piala Eropa, rencananya akan digeser dari Maret menjadi Juni mendatang.

Copa America

Tak cuma Piala Eropa yang ditunda, Copa America yang merupakan turnamen antarnegara zona CONMEBOL juga terkena imbas. Copa America juga ditunda hingga 2021 mendatang karena wabah corona.

Copa America rencananya berlangsung pada 21 Juli-12 Juli 2020 di Kolombia dan Argentina. Ajang ini kemudian dijadwalkan ulang dan bakal bergulir pada 11 Juni-11 Juli 2021.

Tertimpa 2 Pohon Tumbang, Atap Rumah Warga Mondokan Sragen Remuk

Kepastian diundurnya Copa America 2020 disampaikan oleh Presiden Federasi Sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL), Alejandro Dominguez. CONMEBOL mengambil mengambil langkah ini demi menjaga kesehatan para pemain, mengingat Virus Corona kini tengah mewabah.

“Ini adalah tindakan luar biasa yang diambil untuk situasi yang tak terduga. Ini adalah respons yang sangat dibutuhkan untuk menghindari penyebaran virus ini lebih luas,” kata presiden CONMEBOL Alejandro Dominguez dikutip dari Sky Sports.

“Tidak mudah untuk mengambil keputusan ini, tetapi kami harus menjaga kesehatan para pemain kami sepanjang waktu dan semua yang merupakan bagian dari keluarga besar sepakbola Amerika Selatan. Jangan ragu bahwa turnamen internasional tertua di dunia ini akan kembali bergulir di tahun 2021,” tambahnya.

Sumber: detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho