SOLOPOS.COM - Suporter Kroasia di salah satu pertandingan Piala Eropa 2016. (REUTERS/Max Rossi)

Piala Eropa 2016 diwarnai dengan ulah suporter Kroasia.

Solopos.com, SAINT-ETIENNE — Kroasia harus membayar mahal ulah bengal suporter mereka. Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) menjatuhkan denda lebih dari Rp1,5 miliar kepada Kroasia terkait kericuhan di laga Grup D melawan Republik Ceko di Stade Guoffroy Guichard, Saint-Etienne, Prancis, Jumat (17/6/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Fans Kroasia terlibat perkelahian di dalam stadion ketika pertandingan berlangsung. Selain itu sebagian dari mereka dengan sengaja menyalakan dan membuang flare dan kembang api ke lapangan yang membuat pertandingan sempat  dihentikan.

Ekspedisi Mudik 2024

Kericuhan itu berdampak fatal kepada Kroasia setelah mereka mampu unggul 2-0 sampai di menit ke-59. Kericuhan suporter memecah konsentrasi Ivan Rakitic dkk. dan sebagai akibatnya mereka dipaksa puas menerima hasil imbang 2-2 setelah dua gol balasan Republik Ceko di 15 menit tersisa waktu pertandingan.

Tetapi, tebusan ulah fans Kroasia bernilai lebih dari dua poin. UEFA menjatuhkan denda 77.000 poundsterling (setara Rp1,506 miliar) kepada Asosiasi Sepak Bola Kroasia. Meski begitu Kroasia masih bisa bernapas lega hanya dijatuhi sanksi denda.

Kockasti, julukan Kroasia, sebelumnya khawatir diskualifikasi dari turnamen setelah keributan di Saint Etienne. Toh perilaku liar pendukung Kroasia mengundang komentar dari tim rival. Bek Spanyol, Gerard Pique, mengingatkan agar fans kontestan Piala Eropa 2016 menunjukkan rasa hormat.

“Sepak bola menjadi pertunjukan dan tontonan untuk fans. Perilaku kekerasan apa pun tak bisa diterima dan kami berharap mereka menghormati pertandingan,” kata Pique dikutip dari Dailymail.co.uk, Selasa (21/6/2016).

Insiden kericuhan suporter tidak hanya melibatkan fans Kroasia. Kelompok pendukung Rusia dan Inggris justru beberapa kali terlibat bentrok fisik sebelum petugas keamanan dan aparat terkait Prancis memberlakukan tindakan tegas kepada mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya