SOLOPOS.COM - Super Victor (UEFA.com)

Piala Eropa 2016 diwarnai dengan Super Victor yang menjadi maskot.

Solopos.com, PARIS — Keputusan UEFA untuk memilih Super Victor sebagai nama maskot ajang Euro 2016 menjadi blunder. Maskot itu berupa sesosok bocah lelaki yang memegang bola di tangan kiri. Super Victor ditampilkan dengan senyum lebar sembari mengenakan seragam biru khas Prancis selaku tuan rumah.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Akan tetapi, penamaan Super Victor itu justru jadi masalah karena ternyata juga menjadi nama salah satu produk mainan dewasa atau sex toy yang cukup popular. Alat ini moncer dijual secara online. Padahal branding Super Victor sebagai maskot Euro 2016 ini sudah dipasarkan secara besar-besaran jauh sebelum ajang resmi digelar, Sabtu (11/6/2016) dini hari WIB.

“Yang bisa kami katakan adalah benda itu [sex toy] tidak diproduksi oleh UEFA. Penamaan Super Victor berdasarkan ide akan kemenangan. Di samping itu, nama ini jadi representasi anak laki-laki yang memiliki superpower yang didapat dengan memakai jubah, sepatu, dan bola,” tutur UEFA dalam rilis resmi, dilansir Dailymail.co.uk, Jumat (10/6/2016).

UEFA lebih lanjut memaparkan maskot Super Victor ini akan keliling Prancis selama pelaksanaan turnamen. Ia juga akan hadir dalam sejumlah pertandingan hingga partai final nanti. Sosoknya pun bahkan dipajang di berbagai tempat-tempat ikonik di Prancis demi ikut menyemarakkan Euro 2016.

Terpilihnya Super Victor ini mengalahkan kandidat nama lain seperti Driblou dan Goalix. Voting dilakukan lewat media sosial. Lebih dari 100.000 voter memberikan suara dengan 48% atau sekitar 51.781 pemilih menunjuk Super Victor. Sedangkan sisanya 27% atau 29.331 memilih Goalix dan 25% atau 26.678 voter mencentang Driblou.

Sebelumnya karakter maskot itu diperkenalkan pada November 2014 dalam sebuah partai persahabatan  Prancis demi menggembor-gemborkan Euro 2016 dimulai. Saat itu karakter tersebut belum diberi nama.

“Siapa lagi yang belum tidur malam ini,” tulis official Twitter UEFA sebagai caption foto maskot Super Victor sebagai penanda hitung mundur pembukaan turnamen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya