SOLOPOS.COM - Spanyol merayakan gol ketiga ke gawang Turki dalam laga lanjutan grup D Piala Eropa 2016 di Stade de Nice, Nice, Prancis, Sabtu (18/6/2016) dinihari WIB. (JIBI/Reuters/Eddie Keogh)

Piala Eropa 2016 menyajikan persaingan ketat untuk Spanyol.

Solopos.com, PARIS — Kekalahan dari Kroasia pada laga penutup Grup D membuat Spanyol harus melewati jalur maut untuk bisa mempertahankan gelar mereka di Euro 2016. Spanyol akan bertemu dengan Italia pada babak 16 besar menyusul kekalahan mereka dari Kroasia dengan skor 1-2 di Stade Mamut Matmut-Atlantique, Bordeaux, Rabu (22/6) dini hari WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kekalahan juara bertahan Euro tersebut dramatis karena diwarnai kegagalan Sergio Ramos melesakkan si kulit bundar dari titik penalti. Padahal, Italia menjadi lawan yang ingin dihindari Spanyol pada babak 16 besar nanti. Kekalahan dari Kroasia membuat Spanyol tergusur dari juara Grup D dan hanya finis sebagai runner-up di grup ini.

Mereka terpaksa bertemu Italia yang telah memastikan sebagai juara Grup E meski baru menjalani dua laga. Pertemuan Spanyol versus Italia akan digelar di Stade de France, Paris, Senin (27/6) pukul 23.00 WIB. Duel tersebut sekaligus menjadi ulangan final Euro 2012 di Polandia-Ukraina, di mana Spanyol menang 4-0 atas Negeri Pizza.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami harus menari dengan favorit, namun Anda harus bertemu mereka [Italia] agar Anda bisa menjadi juara. Ini Euro, membuktikan setiap tim bisa mengalahkan Anda. Kami harus memikirkan laga demi laga,” jelas Ramos tak gentar melihat Spanyol harus berjumpa Italia, seperti dilansir Socceway.com.

Seandainya lolos dari jeratan Italia, tim berjuluk La Furia Roja tersebut juga masih harus bertemu lawan berat untuk sampai ke babak final. Apabila bisa mengalahkan Italia, tidak menutup kemungkinan Spanyol akan bertemu dengan Jerman di perempat final, kemudian bisa berjumpa Prancis atau Inggris di babak semifinal.

Ya, pertarungan tim-tim raksasa secara premature tidak bisa dihindari di Euro kali ini. Spanyol, Italia, Jerman, Inggris, dan tuan rumah Prancis berada di separuh lajur yang sama, yang memungkinkan mereka bertemu hingga semifinal, alias memperebutkan satu lembar tiket final yang sama. Prestasi kelima tim raksasa Eropa tersebut jika dikombinasikan maka menghasilkan sembilan gelar Euro dan 11 trofi Piala Dunia.

Apabila juara bertahan Spanyol sudah memastikan bertemu Italia, Jerman, Inggris, dan Prancis masih menunggu sampai laga penutup Grup E dan Grup F, Kamis (23/6/2016) dini hari tadi untuk mengetahui lawan mereka di babak 16 besar. Inggris yang finis sebagai runner-up Grup B bakal berjumpa runner-up Grup F.

Sementara Prancis yang finis sebagai juara Grup A akan bertemu peringkat ketiga terbaik dari Grup C, D, atau E. Adapun Jerman yang finis sebagai juara Grup C setelah mengalahkan Irlandia Utara 1-0 di Parc des Princes, Paris, Rabu malam WIB, akan bersua peringkat ketiga terbaik Grup A, B, atau F.

Di sisi lain, separuh lajur lainnya terbilang lebih ringan. Polandia, Swiss, Kroasia, dan Wales berada di lajur ini. Polandia yang finis sebagai runner-up Grup C di bawah Jerman, bakal bertemu Swiss yang menuntaskan penyisihan sebagai runner-up Grup A di bawah Prancis. Mereka akan bertemu di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, Sabtu (25/6/2016) pukul 20.00 WIB.

Polandia mengoleksi nilai yang sama dengan Jerman, dengan tujuh poin setelah mengalahkan Ukraina 1-0 di Stade Velodrome, Selasa malam. Namun, Robert Lewandowski dkk. hanya bisa bertengger di peringkat kedua Grup C lantaran kalah selisih gol dari Der Panzer, julukan Jerman. Inilah kali pertama Polandia bisa menembus fase knock-out pada turnamen sepak bola antarnegara terbesar di Eropa tersebut. Sebelumnya, langkah mereka selalu kandas pada penyisihan grup yakni pada 2008 dan 2012.

“Ini hasil yang sangat bagus secara keseluruhan bisa meraih tujuh poin tapa kebobolan satu gol pun,” jelas Pelatih Polandia, Adam Nawalka, seperti dikutip Reuters.com.

Sementara Kroasia dan Wales masih menunggu hasil pertandingan terakhir di grup E dan F untuk melihat lawan yang mereka hadapi di babak 16 besar. Satu partai lain di babak 16 besar akan mempertemukan juara Grup F melawan runner-up Grup E.

Babak 16 Besar Euro 2016
Laga 1: Swiss Vs Polandia
Laga 2: Wales Vs peringkat ketiga Grup A/C/D
Laga 3: Kroasia Vs peringkat ketiga Grup B/E/F
Laga 4: Prancis Vs peringkat ketiga Grup C/D/E
Laga 5: Jerman Vs peringkat ketiga Grup A/B/F
Laga 6: juara Grup F Vs runner-up Grup E
Laga 7: Italia Vs Spanyol
Laga 8: Inggris Vs runner-up Grup F

Ket: Slovakia dan Hungaria dipastikan lolos ke babak 16 besar, namun masih menyesuaikan hasil laga terakhir Grup E dan F untuk menentukan lawan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya