SOLOPOS.COM - Pertayaan gol Marek Hamsik saat memperlebar jarak kemenagan dengan Rusia di Mathcday 2 grup B Euro 2016. (JIBI/Reuters/Christian Hartmann Livepic)

Piala Eropa 2016 diwarnai dengan Slovakia yang menambah satu poin.

Solopos.com, SAINT-ETIENNE – Slovakia hanya mampu finis sebagai peringakt ketiga grup B Piala Eropa 2016. Namun hal itu sudah cukup membuat mereka bangga. Hal itu tak lain lantaran tim peringkat ketiga pun berpeluang lolos ke fase knockout.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Di partai terakhir fase grup, Slovakia bermain imbang 0-0 melawan Inggris di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, Selasa (21/6/2016) dinihari WIB. Tambahan satu poin itu membuat Slovakia mengoleksi empat poin dan duduk di posisi ketiga klasemen akhir Grup B Piala Eropa 2016.

Mereka berada di bawah Wales yang menjadi juara grup dengan torehan enam poin dan Inggris di posisi runner up dengan koleksi lima poin. Di laga melawan Inggris, Slovakia mendapat gempuran, namun mereka mampu bertahan dan menjaga gawangnya tetap aman.

Total, Inggris mencetak 28 percobaan mencetak gol dan lima di antaranya mengarah ke gawang. Sementara Slovakia hanya mampu membuat empat attempts dengan dua tepat sasaran. Pelatih Slovakia, Jan Kozak, pun bangga dengan performa anak asuhnya.

“Pertandingan ini mirip dengan pertandingan melawan Spanyol di babak kualifikasi. Lawan sangat berat. Susunan pemain mereka sangat berorientasi menyerang. Kami ditekan sangat dalam, tapi kami berusaha untuk mendapatkan poin ini, sebuah poin penting jika kami ingin melangkah ke babak 16 besar,” ujar Kozak di Uefa.com, Selasa.

“Mereka adalah tim top dan seiring berjalannya pertandingan, para pemain kami mulai kelelahan. Inggris menunjukkan kualitas dan kekuatan mereka, tapi ketika Anda punya peluang untuk mendapatkan hasil bagus maka Anda melakukan semua yang Anda bisa. Saya tidak menyangka akan ditekan begitu dalam,” lanjutnya.

Slovakia masih berpeluang lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik. Namun, mereka harus menunggu hasil pertandingan di grup-grup lain.

“Sebelum turnamen, saya menghitung bahwa kami cuma bisa mendapatkan empat poin jika kami mengalahkan Wales. Dan kami kalah dari mereka. Namun, sepak bola seperti itu,” ungkap Kozak.

“Saya sangat senang mendapatkan empat poin, tapi kami masih harus menunggu hasil pertandingan-pertandingan lainnya. Jika kami lolos ke babak 16 besar, kami akan sangat gembira,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya