SOLOPOS.COM - Gareth Bale. (REUTERS/Gonzalo Fuentes)

Piala Eropa 2016 diwarnai dengan Bale dijdaikan nama kota di Wales.

Solopos.com, BALA – Kota Bala yang terletak di bagian Utara Wales sengaja diganti nama menjadi Bale demi mendukung timnas mereka yang sedang berjuang di ajang Piala Eropa 2016.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Perubahan nama ini merujuk pada bintang Wales, Gareth Bale, yang juga merupakan striker Real Madrid. Wales tergabung di Grup B bersama Inggris, Slovakia, dan Rusia.

Pergantian nama ini sengaja dilakukan bertepatan dengan big match Wales kontra Inggris di Stade Bollaert-Delelis, Lens, Prancis, Kamis (16/6/2016) malam WIB. Mulanya, nama Kota Bale ini hanya akan digunakan sehari selama pertandingan The Dragons, julukan Wales. Akan tetapi, nama tersebut bisa jadi dipakai lebih lama.

Bahkan, pemerintah kota setempat memasang rambu-rambu jalan menuju kota ini dengan nama baru, Bale. Gareth Bale dianggap sukses menjadi salah satu pesepak bola dunia sekaligus merupakan warga negara asli Wales.

Selain itu, penyerang berusia 26 tahun itu jadi pahlawan saat menyumbang satu gol ketika Wales menang 2-1 atas Slovakia di laga pembuka. Gol Bale tersebut sekaligus menjadi gol pertama Wales di turnamen internasional resmi sebesar Euro sejak musim 1958 silam.

“Ini salah satu cara untuk menghormati Gareth Bale dan juga bentuk dukungan penuh kami untuk Timnas Wales di Euro 2016. Gareth Bale adalah bintang internasional yang juga membawa kami ke panggung dunia,” papar anggota DPRD Bala, Dilwyn Morgan, kepada surat kabar lokal Y Cyfnod, dilansir Theindependent.co.uk, Kamis.

Editor Y Cyfnod, Mari Williams, mengatakan Kota Bala memiliki banyak klub olah raga. Bahkan, kota ini mempunyai tim sepak bola bernama Bala FC. Begitu pula dengan sejumlah tim olah raga lain yang cukup hidup di Bala.

“Dukungan dari suporter lokal sangat banyak. Bahkan, sejumlah sekolah menggelar nonton bareng Wales versus Inggris. Saya yakin ini jadi berita yang luar biasa soal perubahan nama kota ini,” papar Williams.

Sementara itu, Wali Kota Bala, Mayor Edith Roberts, mengundang Gareth Bale dkk. untuk datang ke Bala demi menemui fans setia Wales. Selain itu, tim besutan Chris Coleman ini juga dipersilakan menikmati langsung keindahan Kota Bala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya