SOLOPOS.COM - Renato Sanches (kiri) dan Cristiano Ronaldo dalam latihan timnas Portugal. (REUTERS/Rafael Marchante)

Piala Eropa 2016 diwarnai dengan pemain belia Portugal, Renato Sanches, yang mencetak rekor.

Solopos.com, SAINTETIENNE — Bintang anyar Bayern Munchen, Renato Sanches, mengukir rekor sebagai pemain termuda yang pernah membela Timnas Portugal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sanches baru berusia 18 tahun dan 301 hari saat diturunkan sebagai pengganti di partai pembuka Grup F Euro 2016 melawan Islandia di Stade Geoffroy Guichard, Saint Etienne, Prancis, Rabu (15/6/2016) dini hari WIB.

Ekspedisi Mudik 2024

Remaja dari Lisabon itu mematahkan rekor megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo, yang mencatat sejarah sebagai pemain termuda skuat Portugal saat tampil di Euro 2004 di kampung halaman sendiri 12 tahun lalu.

Saat itu, CR7, julukan Ronaldo, baru berusia 19 tahun dan 128 hari. Rekor bintang Real Madrid itu bertahan sekitar 12 tahun sebelum akhirnya Sanches mengabadikan namanya di buku sejarah sepak bola Portugal.

Sanches turun ke lapangan menggantikan Joao Moutinho di menit ke-31. Gelandang masa depan Timnas Portugal itu diharapkan memberi efek instan untuk tim, namun ia gagak mengukir gol dan laga berakhir imbang 1-1.

Pemain bernama lengkap Renato Junior Luz Sanches itu digaet Bayern dari Benfica dengan mahar 35 juta euro (Rp525 miliar) dan akan resmi ke Jerman seusai Piala Eropa 2016.

Sanches berpeluang mengukir sejarah lain bersama Portugal bila mampu menyumbang gol di ajang Euro 2016. Pemain bernomor punggung 16 di Timnas Portugal itu akan menjadi pencetak gol termuda Seleccao das Quinas, julukan Portugal, yang saat ini tertulis atas nama Ronaldo.

CR7 mengukir gol debut dalam kekalahan 1-2 dari Yunani di penyisihan Grup A Euro 2004. Kedua tim kembali bertemu di final namun lagi-lagi eks bintang Manchester United (MU) itu harus melihat kekalahan tim di partai penentuan juara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya