SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Piala Eropa 2016 menjadi ajang pertaruhan Republik Ceko.

Solopos.com, SOLO – Republik Ceko kerap disodorkan menjadi kuda hitam dalam setiap kompetisi besar. Puncaknya adalah di era 2000 dimana terdapat nama-nama seperti Pavel Nedved, Karel Poborsky hingga Tomas Rosicky di sana.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kini, Ceko menatap Piala Eropa 2016 dengan pemain-pemain baru kecuali dua nama yang sudah femiliar seperti Tomas Rosicky dan Peter Cech.

Pelatih Timnas Republik Ceko Pavel Vrba mengeluarkan penyerang Matej Vydra, gelandang Ondrej Zahustel dan pemain sayap Jan Kovarik dari skuad sementara EURO 2016 sehingga berkurang dari 28 pemain menjadi 25 pemain.

Ekspedisi Mudik 2024

Kroasia mengandalkan Rosicky sebagai jantung permainan. Selain Rosicky, Vrba juga mengandalakan Jaroslav Plasil di lini tengah. Plasil disebut-sebut sebagai pemain yang paling pantas menggantikan Nedved. Pemain berusia 34 tahun ini pernah bermain bersama Nedved cs. sebagai pemain muda pada Piala Eropa 2004.

Penjaga gawang Petr Cech juga menjadi pemain kunci Rep.Ceko digelaran Piala Eropa 2016. Tidak hanya tampil sebagai kapten, Cech yang saat ini membela klub Arsenal juga pemain paling berpengaruh di kamar ganti timnas Rep.Ceko karena jumlah penamilan dia terbanyak di antara rekan satu timnya yang lain (118).

Rep.Ceko lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 usai menjadi juara grup A. Rep.Ceko juga turut berperan dalam mimpi buruk Belanda yang gagal lolos dari grup tersebut. Cech Cs menang 2-1 atas Belanda.

Lolos sebagai juara Grup A membuat Rep.Ceko cukup difavoritkan melangkah jauh di putaran final Piala Eropa 2016. Rep.Ceko juga disebut-sebut sebagai favorit lolos fase penyisihan Grup D menemani Spanyol.

Timnas: Republik Ceko

Julukan: Narodak, Kereta Cepat

Asosiasi: Fotbalová asociace Ceske republiky (FACR)

Kapten tim: Petr Cech

Penampilan terbanyak:  Petr Cech (118)

Top skor: Jan Koller (55)

Stadion: Doosan Arena, Mestsky stadion, Generali Arena

Kode FIFA: CZE

Peringkat dunia saat ini: Tertinggi: 2 (Mei 2000) Terendah: 67 (Maret 1994)

Statistik Republik Ceko di Kualifikasi Piala Eropa 2016

Menang-Imbang-Kalah: 7 – 1 – 2

Rata-Rata Skor dan kebobolan: 1,9 – 1,4

Kartu Kuning dan Merah: 15 – 1

Rekor Piala Eropa

1960-1992 – Masih Cekoslovakia

1996 – Runner-up



2000 – Putaran Pertama

2004 – Semifinal

2008 – Putaran Pertama

2012 – Perempatfinal

Skuad sementara Republik Ceko untuk Piala Eropa 2016:

Penjaga gawang: Petr Cech (Arsenal), Tomas Vaclik (Basel), Tomas Koubek (Slovan Liberec).

Bek: Theodor Gebre Selassie (Werder Bremen), Roman Hubnik (Viktoria Plzen), Pavel Kaderabek (Hoffenheim), Michal Kadlec (Fenerbahce), David Limbersky (Viktoria Plzen), Daniel Pudil (Sheffield Wednesday), Marek Suchy (Basel), Tomas Sivok (Bursaspor).

Gelandang: Vladimir Darida (Hertha Berlin), Borek Dockal (Sparta Praha), Daniel Kolar (Viktoria Plzen), Ladislav Krejci (Sparta Praha), Lukas Marecek (Sparta Praha), David Pavelka (Kas?mpa?a), Jaroslav Plasil (Bordeaux), Tomas Rosicky (Arsenal), Jiri Skalak (Brighton), Josef Sural (Sparta Praha).

Depan: David Lafata (Sparta Praha), Tomas Necid (Bursaspor), Patrik Schick (Sparta Praha), Milan Skoda (Slavia Praha).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya