SOLOPOS.COM - Irlandia Utara (Sportsmole.co.uk)

Piala Eropa 2016 menjadi yang pertama kali bagi Irlandia Utara.

Solopos.com, SOLO – Irlandia Utara lolos ke babak final Piala Eropa 2016 setelah menyingkirkan Yunani 8 Oktober 2015 silam. Di bedua eropa, Irlandia Utara bukan kekuatan besar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kemenangan 3-1 di Windsor Park, Belfast, Irlandia Utara mengalahkan Yunani menjadi awal langkah Irlandia Utara menapaki babak final Piala Eropa 2016.

Tim yang diarsiteki Michael O’Neill tersebut lolos usai memuncaki klasemen grup F babak kualifikasi. Setelah melewati 10 pertandingan, Irlandia Utara berhasil mengumpulkan 21 poin.

Dalam persaingan di fase kualifikasi, Irlandia Utara memang tidak bertemu dengan tim raksasa Eropa. Yunani yang ada di grup tersebut justru tampil buruk dan mereka terpendam di dasar klasemen. Saingan berat Irlandia Utara hanyalah Rumania yang akhirnya finis di posisi dua klasemen.

Terakhir kali Irlandia Utara lolos ke turnamen besar adalah pada Piala Dunia 1986 di Meksiko ketika masih diperkuat pemain seperti Pat Jennings dan Norman Whiteside.

Kini, Irlandia Utara hanya mengandalkan sosok Johny Evans. Meski baru saja terbuang dari skuat Manchester United, Evans tetap layak dijadikan sosok kunci di timnas Irlandia Utara.

Evans bukanlah kapten tim. Sebab jabatan itu sudah dipegang oleh gelandang Southampton, Steven Davis. Meski demikian, Evans sangat berpengaruh pada permainan tim. Pengalamannya mengawal lini pertahanan MU menjadikan pemain 28 tahun ini sebagai andalan Irlandia Utara di setiap pertandingan.

Irlandia Utara bukanlah tim unggulan. Apalagi mereka harus bersaing dengan Jerman, Ukraina dan juga Polandia.

Namun publik tentu penasaran dengan tim debutan ini. Karenanya Irlandia Utara tetap optimistis meski peluang mereka lolos dari grup C terbilang cukup kecil.

Timnas: Irlandia Utara

Julukan: Green and White Army, Norn Iron

Asosiasi: Irish Football Association (IFA)

Pelatih: Michael O’Neill

Kapten tim: Steven Davis

Penampilan terbanyak: Pat Jennings (119)

Top skor: David Healy (36)

Stadion: Windsor Park Stadium

Kode FIFA: NIR

Peringkat dunia saat ini:
– Tertinggi: 29 (4 Februari 2016)
– Terendah: 129 (September 2012)

Statistik Irlandia Utara di Kualifikasi Piala Eropa 2016

Menang-Imbang-Kalah: 6 – 3 – 1

Rata-Rata Skor dan kebobolan: 1,6 – 0,8

Kartu Kuning dan Merah: 14 – 1



Rekor Piala Eropa

1960 – Tidak Ikut

1964-2012 – Tidak Lolos

Skuad Sementara Irlandia Utara untuk Piala Eropa 2016

Kiper: Roy Carroll (Notts County), Michael McGovern (Hamilton), Alan McManus (St Johnstone)

Bek: Craig Cathcart (Watford), Jonny Evans (West Brom), Gareth McAuley (West Brom), Luke McCullough (Doncaster), Conor McLaughlin (Fleetwood), Aaron Hughes (Melbourne City), Daniel Lafferty (Burnley), Michael Smith (Peterborough), Lee Hodson (MK Dons), Chris Baird (Derby County), Paddy McNair (Manchester United.

Midfielders: Steven Davis (Southampton), Oliver Norwood (Reading), Corry Evans (Blackburn), Jamie Ward (Nottingham Forest), Stuart Dallas (Leeds), Niall McGinn (Aberdeen), Shane Ferguson (Millwall), Ben Reeves (MK Dons)

Forwards: Will Grigg (Wigan), Kyle Lafferty (Birmingham), Conor Washington (QPR), Billy McKay (Dundee United), Liam Boyce (Ross County), Josh Magennis (Kilmarnock)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya