SOLOPOS.COM - Romelo Lukaku merayakan gol kedua ke gawang Republik Irlandia di Stade de Bordeaux, Bordeaux, Prancis, Sabtu (18/6/16) malam WIB. Pada pertandingan itu, dua gol Lukaku membawa Belgia menang 3-0.(JIBI/Reuters/Michael Dalder)

Piala Eropa 2016 menyajikan laga Swedia melawan Belgia.

Solopos.com, NICE — Swedia dan Belgia bakal bersaing ketat demi berebut satu tempat di babak 16 besar Piala Eropa 2016 di Allianz Riviera, Nice, Prancis, Kamis (23/6/2016) dini hari WIB. Swedia harus menang jika ingin lolos, sementara Belgia cukup butuh hasil seri untuk mendampingi Italia yang lebih dulu mendapat tiket ke babak perdelapan final.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Belgia bertengger di peringkat kedua klasemen Grup E dengan mengemas tiga poin dari hasil sekali menang dan sekali kalah. Sedangkan Swedia berada di urutan ketiga dengan satu poin dari sekali bermain seri dan sekali kalah. Di waktu yang bersamaan, pemuncak klasemen Italia berhadapan dengan Republik Irlandia.

Jika tak menang, maka Blagult, julukan Swedia, mesti angkat koper. Sebaliknya, seandainya Zlatan Ibrahimovic dkk. memetik poin penuh, skuat asuhan Erik Hamren ini bakal mendapatkan empat poin dan melenggang ke babak 16 besar sebagai runner up.

Tak ada sosok yang lebih mentereng dari Ibrahimovic di skuat Blagult. Megabintang Paris Saint Germain (PSG) itu ada dalam tekanan berat karena tak jua mencetak gol dalam dua laga yang membikin Swedia belum pernah menang sekali pun di fase grup.

“Zlatan adalah salah satu terbaik di dunia yang pernah saya temui. Dia merupakan seorang juara. Jika dia kecewa, semua orang seakan merasakan hal yang sama,” papar Hamren, dilansir Sport24.co.za, Selasa (21/6/2016).

Euro 2016 seakan menjadi panggung terakhir bagi Ibrahimovic di level Eropa mengingat ia sudah berusia 34 tahun. Bahkan, bisa jadi ini adalah kesempatan terakhir striker yang mengawali karier profesional di Malmo bersama Timnas Swedia.

Sementara itu, Belgia punya skuat bertabur bintang yang kebanyakan merumput di Liga Premier Inggris. Talenta individu tim didikan Marc Wilmots tak perlu diragukan. Setelah kalah 0-2 di laga pembuka kontra Italia, mereka mengamuk dengan menghajar Republik Irlandia, 3-0. Dua gol kemenangan Belgia itu diciptakan striker Everton, Romelu Lukaku.

Sang rekan, Eden Hazard, yang juga bintang Chelsea yakin Lukaku mampu membuat pembeda di partai lawan Republik Irlandia nanti. Total Lukaku sudah menceploskan enam gol bersama Belgia selama musim 2016.

“Lukaku memperlihatkan betapa hebatnya dia sebagai seorang pemain. Bagi striker percaya diri untuk bisa mencetak gol adalah keharusan. Jika mereka tak bisa melakukannya, maka akan dihujani kritik. Lukaku sosok yang bermental kuat,” papar Hazard, dilansir Uefa.com.

Penyerang muda Belgia, Kevin De Bruyne, mengaku tak gentar menghadapi Ibrahimovic. Pemain Manchester City ini tak khawatir dengan kebangkitan Swedia. Kedua tim bertemu sebanyak 14 kali dengan Swedia menang lima kali, sementara Belgia tujuh kali.

“Sangat penting bagi kami untuk tak hanya fokus pada Ibrahimovic. Kami harus siap menghadapi semua pemain lawan,” jelas De Bruyne.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya