SOLOPOS.COM - Timnas Turki (REUTERS/Eddie Keogh)

Piala Eropa 2016 akan menyajikan laga Republik Ceko melawan Turki.

Solopos.com, LILLE — Turki belum mau menyerah dalam perburuan tiket lolos ke babak 16 besar Euro 2016. Peluang Turki lolos sebagai juara dan runner-up Grup D telah habis namun kans melaju sebagai satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik belum tertutup meski kemungkinannya relatif kecil.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Turki dibungkam Kroasia dan Spanyol di dua laga pertama Grup D masing-masing dengan skor 0-1 dan 0-3. Tim berjuluk skuat Bulan Bintang itu kini terpuruk di dasar klasemen dengan belum meraup satu poin pun.

Namun, Arda Turan dkk. tak ingin berputus asa. Skuat besutan Fatim Terim itu akan sedikit membuka peluang ke perdelapan final bila menang di laga terakhir menghadapi Republik Ceko, Kamis (23/6/2016) dini hari WIB. Turki hanya tertinggal satu poin dari Ceko di peringkat ketiga dan kemenangan atas tim dari negara pecahan Cekoslovakia tersebut akan membuat kedua tim bertukar posisi.

Kesempatan itu yang akan diperjuangkan Turki dalam pertemuan di Stade Bollaert Delelis. Bek Turki, Gokhan Gonul, optimistis peluang ke babak 16 besar belum tertutup dan tim Bulan Bintang tak akan menyerah.

“Kami akan memberikan yang terbaik sampai di menit-menit terakhir. Kami harus berjuang hingga laga terakhir dan mungkin kami tak punya banyak peluang lagi. Tetapi dengan sedikit keberuntungan kami berharap mengalahkan Republik Ceko,” kata Gonul dilansir Reuters.com, Senin (20/6/2016).

Tetapi, misi itu bukan tugas mudah. Republik Ceko di atas kertas lebih kuat dan jauh lebih berpengalaman dibandingkan Turki. Di sisi lain Ceko bakal tampil habis-habisan untuk merebut kemenangan yang akan melapangkan jalan ke putaran 16 besar. Hasil tiga poin akan membuka peluang Ceko lolos sebagai runner-up Grup D atau kemungkinan lain melaju sebagai satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

Ceko makin percaya diri menyusul hasil imbang 2-2 melawan Kroasia, Jumat (17/6/2016). Skuat besutan Pavel Vrba tertinggal dua gol sampai menit ke-59 tetapi mampu memaksakan skor imbang melalui gol-gol Milan Skoda dan Tomas Necid di 15 menit terakhir pertandingan.

Tetapi Ceko tak ingin memandang enteng Turki. Tomas Necid mengungkapkan anak buah Fatih Terim itu berpotensi menyulitkan dengan kualitas tim yang mereka miliki. “Turki tim yang kuat. Mereka punya pemain-pemain berbakat yang bermain di tim-tim hebat. Selain itu mereka memiliki keterhubungan yang bagus di lapangan,” kata Necid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya