SOLOPOS.COM - Timnas Italia berlatih jelang melawan Swedia di Piala Eropa 2016. (JIBI/REUTERS/Yves Herman)

Piala Eropa 2016 akan menyajikan duel Italia melawan Swedia.

Solopos.com, TOULOUSE — Tua-tua keladi. Itulah istilah yang tepat untuk menggambarkan performa barisan belakang Italia saat ini. Meski digawangi para bek dan kiper veteran, Italia menjadi salah satu tim yang memiliki pertahanan paling gemilang di Piala Eropa 2016.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Pelatih Italia, Antonio Conte, boleh saja melakukan bongkar-pasang di barisan depan atau gelandang. Namun, untuk pertahanan, mantan allenatore Juventus tersebut selalu mempercayakan kepada trio BBC, Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli, dan Georgio Cheillini. Begitu juga dengan pos penjaga gawang, Conte sepertinya haram menggeser Gianluigi Buffon dari bawah mistar gawang tim berjuluk Azzurri tersebut.

Padahal, dari segi usia, trio bek dan kiper Juventus tersebut telah memasuki masa senja sebagai pesepak bola. Percaya atau tidak, kombinasi usia keempat pilar Italia itu jika dijumlah mencapai 133 tahun! Buffon menjadi yang paling tua dengan 38 tahun, disusul kemudian Barzagli dengan 35 tahun, Chiellini berusia 31 tahun, dan Bonucci dengan usia 29 tahun.

Namun, tidak ada yang meragukan kemampuan mereka sebagai palang pintu Azzurri selama Euro 2016. Italia yang gagal total pada Piala Dunia 2014 mencatat start gemilang dengan mengalahkan tim favorit Belgia 2-0, Selasa (14/6/2016).

Keempat pemain ini pula yang ikut berandil besar atas solidnya pertahanan Juventus selama beberapa tahun terakhir. Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, sampai menyebut lebih memilih paket BBC Juventus ketimbang mendapatkan mega bintang Barcelona, Lionel Messi.

“Saya tidak akan mengganti mereka dengan pemain top mana pun. BBC [Juventus], bersama dengan Buffon, dibandingkan saya memiliki Messi. Italia memulai turnamen dengan bagus dan mereka akan menikmati Euro ini dengan hebat,” jelas Allegri, seperti dilansir Football Italia, Kamis (16/6/2016).

Ketangguhan BBC dan Buffon akan kembali diuji oleh penyerang Swedia, Zlatan Ibrahimovic, ketika di Stadion Municipal, Toulouse, Jumat (17/6/2016) pukul 20.00 WIB. Bonuci, Barzagli, dan Chellini, plus Buffon sudah tak asing tahu persis bagaimana kehebatan Zlatan, sapaan Ibrahimovic. Namun, mereka tak perlu gentar untuk bertemu monster Swedia dan Paris Saint-Germain (PSG) gol itu.

Ketangguhan Buffon dan trio BBC juga diakui pemain Swedia yang pernah bermain di Juventus, Albin Ekdal. Gelandang Hamburg tersebut  menjadikan Chiellini sebagai mentornya ketika berada di Juventus pada 2008-2009.

“Chiellini memperlakukanku, mungkin bukan seperti adik, namun seperti pemain muda. Dia menyopiriku ketika saya belum mendapatkan SIM dan lain-lain. Di lapangan dia bisa menjadi ‘babi’. Dia tahu dirinya, namun semua ingin seorang pemain seperti dia. Dia tidak banyak memainkan bola namun dia suka bereaksi dan memengaruhi wasit,” jelas Ekda, seperti dilansir Theguardian.com.

Ekdal juga memuji Buffon sebagai kiper legendaris Italia dan Juventus. “Dia sosok yang luar biasa. Dia ramah dan suka perhatian kepada para pemain muda,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya