SOLOPOS.COM - Timnas Hungaria merayakan gol saat menghadapi Austria. (Euro2016.com)

Piala Eropa 2016 akan menyajikan duel Islandia vs Hungaria.

Solopos.com, MARSEILLE — Islandia boleh dibilang sebagai debutan tanpa pengalaman di ajang Piala Eropa 2016. Tim yang baru kali pertama lolos kualifikasi Euro sepanjang sejarah ini kembali menghadapi ujian baru bernama Hungaria. Kedua tim bakal bentrok di Stade Velodrome, Marseille, Sabtu (18/6/2016) malam WIB.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Penampilan perdana tim didikan Lars Lagerback dan Heimir Hallgrimsson ini cukup meyakinkan lantaran mampu menahan imbang tim kuat Portugal 1-1, Rabu (15/6/2016) lalu. Namun demikian, kemampuan Strakarnir Okkar, julukan Islandia, perlu dites lagi saat berjumpa dengan Hungaria di game kedua penyisihan Grup F.

Pelatih Islandia, Lagerback, mengatakan  timnya sangat mewaspadai Hungaria yang menunjukkan peningkatan signifikan. Negara tetangga itu berhasil membuka partai pertama dengan kemenangan 2-0 atas Austria, Selasa (14/6/2016) lalu, perolehan tiga poin itu membuat Hungaria bertengger di puncak klasemen sementara.

“Hungaria sangat berkembang selama kualifikasi hingga playoff. Bagaimana mereka bermain dalam sejumlah pertandingan persahabatan menunjukkan grafik peningkatan. Meskipun Austria juga bagus, ada margin yang cukup jelas,” papar Lagerback, dilansir Soccerway.com, Jumat (17/6/2016).

Juru taktik asal Swedia itu memaparkan Islandia belum mencapai apa pun di turnamen ini. Menurutnya, hasil seri kontra Portugal lalu belum bisa dijadikan bukti sahih kehebatan tim debutan ini. Tim yang belum pernah sekali pun lolos ke putaran final Piala Dunia ini juga tak ingin hasil imbang kembali terulang demi menjaga asa untuk melenggang ke-16 besar.

“Kami harus menjaga kaki agar tetap memijak di bumi. Kami juga mesti bekerja dengan baik melawan Hungaria,” imbuhnya.

Sementara itu, Hungaria juga butuh kemenangan untuk memastikan satu tempat di babak 16 besar. The Magical, julukan Hungaria, tengah berusaha mengubah peruntungan lantaran untuk kali pertama lolos putaran final turnamen sekelas Euro sejak ajang Piala Dunia 1986. Butuh waktu 44 tahun bagi tim besutan Bernd Storck ini kembali ke panggung Eropa sejak Euro 1972.

“Pemain kami memang kurang pengalaman di laga internasional. Kebanyakan dari mereka bermain hanya sampai di fase grup Liga Europa. Ini peluang besar bagi kami untuk membangkitkan euforia sepak bola Hungaria,” jelas Storck.

Kemungkinan besar The Magical bakal menurunkan skuat yang sama seperti ketika meladeni Austria. Akan tetapi, sang bek Attila Fiola diragukan bisa bermain setelah bek kanan itu mengalami cedera engkel. Di samping itu, dalam empat kali pertemuan dengan Islandia, Hungaria selalu unggul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya