SOLOPOS.COM - Timnas Italia (Twitter)

Piala Eropa 2016 diwarnai dengan duel Belgia melawan Italia.

Solopos.com, LYON — Belgia dan Italia mungkin sama-sama masuk daftar tim favorit juara di Euro 2016. Namun, keduanya harus saling bertarung sejak fase grup.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Belgia dan Italia dipersatukan di Grup E pada Euro 2016. Mereka tentu akan berusaha sekuat tenaga melewati laga pembuka di Grup E dengan kemenangan ketika saling dipertemukan di Parc Olympique Lyon, Lyon, Selasa (14/6/2016) pukul 02.00 WIB. Apalagi Grup E terbilang neraka, karena juga dihuni Swedia dan Irlandia.

Ekspedisi Mudik 2024

Belgia memiliki rekor buruk di hadapan Italia. Tim berjuluk De Rode Duivels (Setan Merah) tersebut hanya menang empat kali dalam 21 kali pertemuan kedua tim. Namun, kali ini Belgia begitu percaya diri bisa menang dalam pertandingan resmi atas Italia untuk kali pertama sejak Mei 1972.

Itu karena Belgia memiliki pemain-pemain top di lini depan untuk membongkar pertahanan gerendel alias catenaccio yang menjadi senjata Italia. Di antaranya trio penyerang asal Liga Premier, yakni Kevin de Bruyne, Eden Hazard, dan Romelu Lukaku.  Selain itu, Belgia memiliki Yannick Carrasco yang menyumbang satu gol bagi Atletico Madrid pada final Liga Champions musim ini.

“Kami punya banyak pemain berkualitas top di depan, yang bisa membuat pembeda, kami punya trio penyerang kelas dunia. Saya harap mereka siap untuk mencetak banyak gol dan membuat sebuah perbedaan. Selalu penting memulai turnamen dengan sebuah kemenangan, khususnya untuk membangun kepercayaan diri kami. Ini akan menjadi tantangan sesungguhnya melawan Italia, namun itu tergantung bagaimana kami bermain menembus pertahanan mereka,” jelas gelandang Belgia, Marouane Fellaini, seperti dilansir Sports.yahoo.com, Minggu (12/6/2016).

Serangan Belgia cukup menakutkan pada kualifikasi. Mereka menggelontorkan 24 gol dalam 10 laga, alias dengan rasio mencetak lebih dari dua gol per laga. Dalam perjumpaan terakhir melawan Italia, Belgia mampu moncer dengan kemenangan 3-1 pada laga persahabatan di Basel, November 2015 silam.

Namun, insiden tak sedap dialami Hazard. Penyerang yang tampil buruk bersama Chelsea di Liga Premier musim lalu tersebut mengalami cedera saat melakoni sesi latihan, Jumat (10/6/2016) waktu setempat. Namun, Pelatih Belgia, Marc Wilmots, membantah kapten mereka tersebut mengalami cedera parah. “Saya pikir itu tidak serius, hanya sebuah benturan,” ungkap Wilmots, seperti dilansir theguardian.com.

Italia akan mengandalkan trio BBC, yang terdiri atas Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli, dan Georgio Cheillini, untuk membangun tembok pertahanan mereka. Trio BBC ini berdiri di depan kapten dan kiper veteran, Gianluigi Buffon, untuk membuat tembok kuat di belakang. Namun Wilmots mengingatkan kekuatan Italia bukan hanya terletak pada pertahanan bertahan. Italia juga memiliki kekuatan dalam bola-bola mati.

Sementara itu, Pelatih Italia, Antonio Conte, kehilangan dua gelandang terbaiknya, Marco Verrati dan Claudio Marchisio, karena cedera dan terpaksa absen di Prancis.  Di sisi lain, Conte memutuskan mencoret Andrea Pirlo dari skuat. Oleh karena itu, barisan gelandang Azzurri kemungkinan akan diisi Thiago Motta, Daniele de Rossi, dan Marco Parolo. Nama terakhir sepertinnya akan diplot untuk merusak serangan Belgia sejak awal.

Sementara di depan, Conte tidak benar-benar memiliki striker yang memiliki insting membunuh.  Conte hanya bisa mengandalkan Grazziano Pelle, Eder, Cirro Immobile, dan Simone Zaza yang tampil tidak terlalu istimewa bersama klub masing-masing pada musim lalu. Tapi para penyerang Italia tersebut bisa bernapas lega karena ruh pertahanan Belgia, Vicent Kompany, selama ini tidak bisa tampil di Euro karena cedera.

“Solidaritas pertahanan harus menjadi target nomor dua kami. Saya pikir sebuah tim tidak perlu mencetak banyak gol, Anda hanya perlu mencetak satu gol lebih banyak dari lawan Anda dan tidak kebobolan satu gol lebih banyak dari lawan Anda. Ini  yang kami perhatikan,” jelas Cheillini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya