SOLOPOS.COM - Suporter Islandia. (REUTERS/Yves Herman)

Piala Eropa 2016 benar-benar menjadi panggung Islandia. Meski penduduknya cuma 330.000, permintaan jersey Islandia melonjak 1.800%.

Solopos.com, PARIS — Islandia benar-benar sedang naik daun. Tim polesan Lars Lagerback dan Heimir Hallgrimsson tersebut membuat sejumlah orang menjadi fans dadakan berkat kejutan yang mereka perlihatkan selama Euro 2016.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebagai tim debutan, Islandia tidak diunggulkan lolos dari fase grup. Tim yang menjadi kontestan dengan ranking FIFA terendah di Euro 2016 ini berhasil membalikkan prediksi tersebut. Islandia bukan hanya lolos dari fase grup, namun mereka juga berhasil menembus babak perempat final seusai menyingkirkan Inggris dengan skor 2-1 di babak 16 besar. Mereka pun akan bertemu Prancis di Stade de France, Paris, Senin (4/7/2016) pukul 02.00 WIB.

Penampilan apik Islandia berbanding lurus dengan permintaan jersey mereka yang semakin melonjak. Produsen jersey Islandia, Arrea, menyatakan jersey Islandia berwarna biru banyak diburu orang dari berbagai belahan di Eropa.

Tak tanggung-tanggung, permintaan jersey Islandia berwarna biru melonjak hampir 2.000 persen, khususnya dari kawasan Skotlandia. Sepertinya, Skotlandia menjadi salah satu fans dadakan setelah Inggris dipecundangi negara yang hanya berpenduduk sekitar 330.000 jiwa tersebut. Arrea sampai mengaku kewalahan menerima permintaan itu.

“Kami mendapat pesanan luar biasa dan sejak Islandia mengalahkan Inggris, itu [permintaan jersey Islandia] sampai menggila. Ada beribu-ribu pesanan dari Skotlandia. Namun permintaan berasal dari semua negara di Eropa,” jelas Export Manager di Errea, Fabrizio Taddei, kepada Times, seperti dilansir telegraph.co.uk, Sabtu (2/7/2016).

Meski hanya berpenduduk sekitar 330.000 jiwa, Islandia mendapat dukungan besar dari suporternya. Termasuk pendukung dari Islandia. Sekitar 10 persen penduduk Islandia bahkan rela datang untuk memberikan dukungan langsung kepada Aron Gunnarsson dkk di Prancis. Salah satunya adalah Presiden Islandia yang baru saja terpilih, Gudni Johannesson.

Johannesson bahkan memilih berbaur dengan ribuan penduduk Islandia dibanding harus duduk manis di bangku VIP saat menonton tim kesayangannya bertanding di stadion. “Mengapa saya harus ke ruang VIP ketika saya bisa melakukannya di mana saja di dunia?” jelas Johannesson sambil terawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya