SOLOPOS.COM - Timnas Kroasia setelah dikalahkan Portugal di babak 16 Besar Piala Eropa 2016. (REUTERS/Carl Recine)

Piala Eropa 2016 diwarnai dengan tersingkirnya Kroasia di babak 16 besar.

Solopos.com, LENS – Perjalan Kroasia di Piala Eropa 2016 hanya sampai di babak 16 besar. Ini menambah rentetan hasil buruk Kroasia di sebuah turnamen besar sejak menjadi semifinalis di Piala Dunia 1998.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Langkah Kroasia dihentikan oleh Portugal di babak 16 besar Piala Eropa 2016, Minggu (26/6/2016) dini hari WIB. Kroasia kalah dengan skor tipis 0-1 lewat gol Ricardo Quaresma di babak perpanjangan waktu tepatnya menit ke-117.

Ekspedisi Mudik 2024

Kekalahan itu memang sangat menyakitkan bagi Kroasia mengingat mereka mendominasi pertandingan. Total ada 17 tembakan yang dilancarkan Luca Modric dkk, namun tak ada yang tepat sasaran. Peluang terbaik hanya datang lewat sundulan Ivan Perisic yang mengenai tiang gawang.

Sementara Portugal hanya memiliki lima tembakan sepanjang 120 menit. Dua di antaranya menyasar ke gawang. Menariknya, dua tendangan itu diraih saat mereka menciptakan gol yakni sepakan Cristiano Ronaldo yang masih ditepis kiper dan kemudian bola muntah disambar Quaresma untuk menjadi gol.

Itu artinya sepanjang 117 menit, Kroasia mampu membuat Portugal kesulitan menembus pertahanan mereka. Bek Kroasia menyebut timnya seperti mendapat kutukan sehingga tak mampu melju ke babak selanjutnya. “Sepertinya Tuhan tidak ingin kami lolos. Sepertinya kami dikutuk,” cetus bek Vedran Corluka.

“Sepertinya itu adalah takdir. Ada banyak tangisan ketika kami berkumpul di dressing room, karena kami tahu kami jauh lebih baik dari Portugal,” sambungnya.

Performa Kroasia memang cemerlang di fase grup. Mereka mencatatkan dua kemenangan dan sekali seri. Bahkan, satu kemenangan diraih saat mengalahkan juara bertahan Spanyol. Sedangkan Portugal lolos sebagai tim peringkat ketiga terbaik dengan hanya mencatatkan tiga kali imbang dari tiga laga.

Corluka menyatakan ini merupakan kekalahan yang sangat pahit namun tidak lebih pahit saat Kroasia dikalahkan Turki di perempatfinal Piala Eropa 2008. Saat itu, Kroasia berhasil mencetak gol di menit ke-119, namun Turki mampu membalas satu menit kemudian. Kroasia akhirnya kalah lewat adu penalti.

“Kekalahan melawan Portugal amat menyakitkan, namun tidak sesakit waktu kalah dari Turki di perempatfinal Euro 2008,” tutur Corluka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya