SOLOPOS.COM - Griezmann merayakan gol pembuka ke gawang Albania. (JIBI/Reuters/Jean-Paul Pelissier)

Piala Eropa 2016 diwarnai dengan banyaknya gol di menit-menit akhir.

Solopos.com, SOLO – Turnamen Piala Eropa 2016 memunculkan tren baru, yakni terciptanya gol di menit-menit akhir jelang laga bubar. Dari total 42 gol yang tercipta dalam ajang sepak bola antarnegara di Eropa ini, 30% di antaranya terjadi di menit ke-87 atau lebih. Bahkan, setengah dari jumlah gol tersebut tercipta di masa injury time babak kedua.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Dilansir Uefa.com, Minggu (19/6/2016), dalam ajang Piala Eropa 2016 yang digelar di Prancis ini, memang tak banyak gol tercipta dalam satu laga. Drama kemenangan maupun hasil seri nan mengejutkan justru tercipta lewat gol-gol indah di menit-menit akhir.

Spanyol misalnya, mengawali petualangan di Euro dengan kemenangan tipis 1-0 dari Republik Ceko, Senin (13/6/2016) lalu. Gol semata wayang tim Matador itu dibuat oleh bintang Barcelona, Gerard Pique di menit ke-87. Ia membobol gawang Ceko yang dijaga Petr Cech selepas mendapat umpan apik dari Andre Iniesta.

Peristiwa serupa kembali terjadi saat Italia menghadapi Swedia di partai kedua Grup E. Setelah menang meyakinkan 2-0 atas Belgia di laga pembuka, Azzurri, julukan Italia, kesulitan untuk membongkar pertahanan Swedia, Jumat (17/6/2016). Kebuntuan itu akhirnya pecah setelah striker Eder Martins mengoyak gawang Isaksson di menit ke-88. Gol telat penyerang Inter Milan itu berhasil membawa Azzurri mengamankan satu tiket ke babak 16 besar.

Drama berikutnya terjadi ketika Republik Ceko sukses menahan imbang 2-2 Kroasia, Jumat. Sebenarnya, Kroasia sudah unggul 2-0 sebelum akhirnya gol sundulan Milan Skoda membawa Ceko bangkit. Ceko mampu menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti Tomas Necid di menit ke-89.

Sementara itu, sekitar 14,3% gol tercipta di masa injury time babak kedua. Gol-gol itu antara lain dibikin oleh Vasili Berezutski (Rusia) saat melawan Inggris di menit ke-92, Bastian Schweinsteiger (Jerman) kontra Ukraina di menit ke-92, Graziano Pelle (Italia) lawan Belgia di menit ke-93, Dimitri Payet (Prancis) versus Albania menit ke-96, Daniel Sturridge (Inggris) lawan Wales menit ke-92, dan Niall McGinn (Irlandia Utara) menghadapi Ukraina di menit ke-96.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya