SOLOPOS.COM - Para pemain Swedia melakukan selebrasi seusai mengalahkan Denmark di semifinal. Ist/eufa.com

Piala Eropa 2016 diikuti oleh Timnas Swedia.

Solopos.com, SAINT NAZAIRE — Swedia datang ke Piala Eropa 2016 sebagai tim underdog. Tim besutan Erik Hamren ini memang kalah mentereng dari Italia dan Belgia yang sama-sama berada di Grup E. Namun demikian, keberadaan Blagult, julukan Swedia, membikin ini jadi grup neraka.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Hamren mengaku sangat terinspirasi dari keberhasilan tim semenjana Leicester City menjuarai Liga Premier Inggris musim ini. Kesuksesan Leicester di bawah asuhan sang manajer asal Italia, Claudio Ranieri, itu membikin Swedia bermimpi bisa berbicara banyak di Euro 2016 di Prancis setelah mereka gagal tampil dalam Piala Dunia 2010 dan 2014.

“Sejumlah staf kami juga bekerja untuk Leicester. Kami akan mengadopsi semangat ini. Mempercayai sesuatu yang tak dipercaya bisa terjadi,” papar pelatih Swedia, Erik Hamren, dilansir Eufa.com, Kamis (9/6/2016).

Pundit Fox, Paul Balsom, bekerja untuk Federasi Sepak Bola Swedia (SvFF) selama bertahun-tahun. Ia juga menjabat sebagai Head of Sports Science and Performance Analysis Leicester. Pengalaman Balsom inilah yang mencoba dibagi untuk Swedia selama Euro 2016.

“Jika Anda mempercayai sesuatu maka ada kemungkinan. Tentu saja kami juga realistis. Kami mungkin bukan tim yang diinginkan untuk finis pertama atau kedua di grup ini. Tapi, Anda tahu seperti apa sepak bola,” imbuh Hamren.

Di Grup E lawan Swedia jelas tak mudah. Ada juara dunia empat kali, Italia, Belgia, dan Irlandia. Blagult masuk pot 4 saat pengundian tim lalu. Ini menjadikan Zlatan Ibrahimovic dkk. sebagai underdog. Akan tetapi, seperti halnya mimpi anak didik Claudio Ranieri, mereka juga tak mau menyerah untuk melebihi ekspektasi.

Selain adanya Balsom di sisi mereka, Hamren juga memiliki pemain yang paham bagaimana membawa Swedia sebagai tim underdog yang sukses. Enam penggawa mereka adalah jebolan skuat timnas U-21 yang jadi juara Eropa musim lalu. Pertarungan Swedia akan dimulai saat meladeni Irlandia, di Stade de France, Minggu (12/6/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya