SOLOPOS.COM - Thibaut Courtois (Euro Sport)

Piala Eropa 2016 diwarnai dengan keyakinan Courtois bahwa Belgia akan juara.

Solopos.com, SOLO – Kiper Timnas Belgia, Thibaut Courtois, Optimistis negaranya bisa memenangi Piala Eropa 2016. Maklum, Belgia merupakan tim dengan peringkat tertinggi dunia dibanding negara-negara Eropa lainnya.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

FIFA telah meluncurkan peringkat negara per 2 Juni 2016 lalu. Hasilnya, Belgia menempati urutan kedua di bawah Argentina. Belgia juga menjadi salah satu favorit juara Piala Eropa meski tak memiliki sejarah yang cukup baik di turnamen antarnegara.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, Belgia menjelma menjadi kekuatan baru. Berisikan pemain-pemain tenar yang berkiprah di Liga Premier Inggris, Belgia pun sulit ditundukkan. Selain Courtois, Belgia juga memiliki Eden Hazard, Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku, Divock Origi, Marouane Fellaini, dan Radja Nainggolan. Sayang bek tangguh Vincent Kompany harus absen di Euro 2016 karena cedera.

Berkat materi yang mewah itu, Belgia tampil trengginas. Di Piala Dunia 2014 lalu, Hazard dkk. mampu melenggang ke babak perempatfinal. Kini mereka pun bertekad melangkah lebih jauh di Piala Eropa 2016.

“Saya amat menantikan turnamen. Ini adalah yang kedua buat generasi kami dan setelah Piala Dunia ketika kami mencapai perempatfinal, kami merasa bisa melakukan lebih baik lagi,” ucap Courtois seperti dikutip Soccerway.

“Harapannya tahun ini adalah bisa melaju sejauh mungkin. Akan sangat sulit, ada banyak tim-tim top dan terkadang Anda butuh sedikit keberuntungan. Kami akan menjalaninya dan berpikir kami salah satu tim yang bisa menjuarainya, tapi tentu saja kami harus melakukannya selangkah demi selangkah,” sambung kiper Chelsea itu.

“Kami memiliki sebuah tim yang bagus dan kami bisa melaju jauh tapi kami harus berjalan selangkah demi selangkah dan menghadapi setiap laga seperti final. Umumnya itu adalah mengenai momentum. Jika menang di laga pertama maka Anda akan merasa dapat mood-nya dan Anda siap melakukan hal-hal bagus. Terkadang keberuntungan di hari tersebut bisa membantu atau justru tidak membantu,” tuturnya.

Di Piala Eropa 2016 nanti Belgia akan menempati Grup E bersama Italia, Swedia, dan Republik Irlandia. Menurut Courtois, ketiganya memberikan tantangan yang luar biasa berat buat Belgia.

“Kami memiliki sebuah grup yang berat. Italia merupakan penantang tangguh seperti biasanya. Akan jadi start berat melawan mereka,” kata Courtois.

“Swedia merupakan sebuah tim berbahaya, dan Irlandia akan bertahan dengan baik dan mencari ruang yang kami tinggalkan di belakang karena kami adalah sebuah tim yang suka dengan penguasaan bola.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya