SOLOPOS.COM - Kingsley Coman (REUTERS/Yves Herman

Piala Eropa 2016 telah menyelesaikan fase grup.

Solopos.com, PARIS — Piala Eropa 2016 menghadirkan banyak kejuatan. Tak hanya para pencetak gol yang disorot, tapi pemain-pemain lain yang punya keahlian khusus di lapangan jadi perhatian tersendiri. Antara lain, mereka yang berlari paling cepat dan memiliki daya jelajah tertinggi selama babak penyisihan grup yang berakhir, Kamis (23/6/2016) dini hari WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir uefa.com, Kamis, tuan rumah Prancis boleh saja main imbang tanpa gol kontra Swiss dalam laga terakhir fase Grup A, di Lille, Senin (20/6/2016) lalu. Hasil ini memang tak berpengaruh karena Les Blues, julukan Prancis, sudah lolos babak 16 besar lebih dulu setelah membukukan dua kemenangan.

Adalah sosok Kingsley Coman yang mencuri perhatian. Winger muda Timnas Prancis ini tercatat sebagai pemain paling cepat di Piala Eropa 2016 sejauh ini. Ia pamer kecepatan itu saat meladeni Swiss. Ini kali kedua penggawa Bayern Munchen itu dipasang Didier Deschamps sebagai starter. Tak main-main, pemain yang terkadang dipasang di baris depan ini berlari secepat 32,8 km/jam selama bertanding di Grand Stade Lille Metropole.

“Pemain tercepat sejauh ini? Winger Prancis, Kingsley Coman, yang berlari mencapai 32,8 km/jam saat melawan Swiss,” tulis uefa.com.

Squawka.com mencatat ini bukan kali pertama pemain Juventus yang dipinjamkan ke Munich ini berlari paling kencang. Ia memecahkan rekor dengan berlari secepat 35,06 km/jam pada Januari 2016 lalu. Saat itu ia bermain di Bundesliga yang menjadi pemain tercepat sepanjang musim.

Di urutan kedua tercepat adalah penggawa Hungaria, Richard Guzmics. Ia berlari 31,6 km/jam saat Hungaria melawan Austria. Di tempat ketiga ada pemain Islandia, Kolbeinn Sigthorsson, yang punya speed 31,5 km/jam ketika menghadapi Portugal.

Sebagai pembanding, atlet lari dunia, Usain Bolt, mencetak rekor lari 100 meter dengan speed 41 km/jam di Manchester pada 2009 lalu. Sedangkan kecepatan sprinter Amerika Serikat, Donald Lippincott, saat membukukan rekor pertama lari 100 meter adalah 34 km/jam. Prestasi itu ditorehkan Lippincott dengan menempuh waktu 10,6 detik pada Juli 1912 silam.

Sementara itu, pada kategori pemain dengan daya jelajah tertinggi adalah Marco Parolo. Gelandang Italia itu boleh dibilang sebagai pelari maraton dengan mencatat jarak sejauh 12.570 m (12,58 km) saat melawan Belgia.

Di belakang Parolo ada Vladimir Darida. Bahkan, Darida dijuluki si tukang angkut air lantaran dua kali tercatat sebagai pelari terjauh. Gelandang Republik Cheska ini menempuh 12.563 m ketika menghadapi Kroasia. Ia melakukan hal serupa dengan berjelajah mencapai 12.341 m saat meladeni Spanyol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya