Tutup Iklan

Piala Dunia U-20 Mundur: PKL Manahan Aman, PKL Kota Barat Pindah Sementara

Dinas Perdagangan Solo memastikan PKL Selter Manahan tidak pindah sampai 2023, sedangkan PKL Kota Barat pindah sementara.

Piala Dunia U-20 Mundur: PKL Manahan Aman, PKL Kota Barat Pindah Sementara

SOLOPOS.COM - Pertandingan sepak bola di Lapangan Kota Barat (Solopos/Chrisna Chanis Cara)

Solopos.com, SOLO — Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo memastikan PKL Selter Manahan tidak pindah sampai 2023, sedangkan bagi PKL Kota Barat ada kebijakan khusus. Mereka tetap diminta pindah sementara, yakni sampai April 2021.

Sebelumnya diberitakan, Disdag Kota Solo memberi batas waktu bagi PKL sekitar Stadion Manahan untuk pindah dari area tersebut pada 1 Januari 2021 atau besok.

Batas tersebut diberikan agar pedagang memiliki kelonggaran untuk berjualan hingga penataan dan pembersihan area menjelang Piala Dunia U-20 2021 dimulai. Dengan ditundanya Piala Dunia U-20, PKL Manahan pun tidak diminta pindah.

Kapolres Klaten Pimpin Langsung Patroli Besar-Besaran di Malam Tahun Baru 2021

Hal beda berlaku bagi PKL Selter Kota Barat yang terdampak proyek lapangan pendukung. Puluhan PKL di kawasan itu tetap diminta pindah sementara, paling tidak sampai April 2021.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Heru Sunardi, menjelaskan Pemkot Solo telah membatalkan pengosongan Selter Manahan dan Selter Kota Barat yang ditempati PKL karena Piala Dunia U-20 mundur pada 2023.

Disdag kini menyusun rencana pemindahan ke bangunan baru pada 2023. “Untuk pemindahan pada 2023 mestinya kami harus merencanakan. Tempat para pedagang bagaimana? Supaya nanti kami membangun bermanfaat bagi para PKL. Pengosongan untuk Manahan tidak boleh ditawar-tawar karena merupakan stadion standar internasional,” kata dia, Rabu (30/12/2020).

Pergerakan Internasional Terbatas, Penerbitan Paspor Di Kantor Imigrasi Solo Turun 55%

Selter Dipakai Warga yang Mengajukan

Heru, sapaan akrabnya, mengatakan Disdag Kota Solo sebelumnya menyediakan sejumlah selter untuk ditempati PKL Selter Manahan. Selter-selter yang kini kosong tersebut bisa dipakai warga yang mengajukan tempat. Selter sementara ini tidak akan dipakai PKL Manahan maupun PKL Kota Barat.

“Selter yang telah kami siapkan tidak ada masalah. Tidak jadi ditempati maka pemohon lain bisa masuk. Kemarin kami tidak tindak lanjuti permohonan karena akan ditempati PKL Manahan,” paparnya.

Lapangan Bola Tergusur Tol Solo-Jogja, Warga Tambakan Klaten Minta Ganti

Sementara itu, proyek lapangan pendukung Piala Dunia U-20 tetap berlanjut. Lantaran itu, PKL Selter Kota Barat akan dipindahkan ke Galabo Siang untuk beberapa bulan hingga April 2021. PKL yang terdampak sebanyak 40-an pedagang.

Wali Kota Solo, F.X Hadi Rudyatmo, menjelaskan PKL Selter Kota Barat harus dicarikan tempat sementara karena ada penataan Lapangan Kota Barat. Sedangkan Selter manahan tidak terdampak karena tidak ada penataan di sekeliling Stadion Manahan.

Berita Terkait

Berita Terkini

4 Warga Meninggal Kena Covid-19, 1 Gang di Kota Mojokerto Lockdown

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, mengatakan saat ini tracing diperluas ke Sidomulyo gang 3.

Gas! Rute ke Gunung Telomoyo Magelang Pacu Adrenalin

Pengunjung yang akan ke puncak Gunung Telomoyo Magelang harus mempunyai kemampuan bersepeda motor yang baik agar sampai tujuan.

Duh! Gara-Gara Postingan Di Medsos, 6 Orang Rusak 2 Rumah Dan Aniaya Warga Mojogedang Karanganyar

Enam orang ditangkap polisi karena nekat rusak rumah warga Mojogedang, Karanganyar, gara-gara tersinggung dengan postingan di media sosial.

Prediksi Italia Vs Swiss: Misi Amankan Tiket 16 Besar

Timnas Italia berpotensi menjadi tim pertama yang menyegel tiket ke fase gugur Euro 2020 tapi harus menumbangkan Swiss dalam laga kedua Grup B.

Selamat, Warga Gemolong Sragen Dapat Grandprize Mobil dari BRI

Nasabah BRI Unit Gemolong II, Sragen, Wahyuningsih, mendapat hadiah mobil Suzuki All New Ertiga dalam Panen Hadiah Simpedes Semester II 2020.

Cegah Covid-19, Yuk Bikin Hand Sanitizer dari Ekstrak Daun Mangga

Tim pengabdian Riset Grup Plasma Science and Technology FMIPA UNS menggelar pelatihan pembuatan hand sanitizer berbahan alami cegah Covid-19.

1 Lagi Pasien Covid-19 Dari Klaster Masjid Paulan Karanganyar Meninggal

Jumlah kasus positif Covid-19 yang meninggal dari klaster masjid di Paulan, Colomadu, Karanganyar, bertambah satu orang.

Kasus Covid-19 Melonjak, PLN Jaga Keandalan Listrik Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan

PLN berupaya memastikan keandalan pasokan listrik, khususnya untuk tempat-tempat vital penanganan pasien Covid-19.

37 Adegan Ungkap Fakta-Fakta Pembunuhan Wanita di Waduk Kembangan Sragen

Tersangka pembunuhan wanita di Waduk Kembangan, Karangmalang, Sragen, memeragakan 37 adegan pada rekonstruksi yang digelar Polres.

Rumah Sakit Kritis di Tengah Kasus Aktif Tertinggi

Sejumlah rumah sakit di Klaten akan menambah tempat tidur menyusul kondisinya yang mulai kritis, Kasus aktif Covid saat ini menjadi yang tertinggi sejak pandemi.

Varian Delta Disebut Lebih Cepat Menular, Ini Penjelasannya

Varian delta disebut menimbulkan gejala sakit kepala, tenggorokan dan pilek hingga flu berat.

Pengusaha Wonogiri Siap Berkolaborasi Atasi Kemiskinan

Para pengusaha di Kabupaten Wonogiri siap berkolaborasi mengatasi kemiskinan sesuai bidang usaha masing-masing.