SOLOPOS.COM - Pertandingan sepak bola di Lapangan Kota Barat (Solopos/Chrisna Chanis Cara)

Solopos.com, SOLO -- Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo memastikan PKL Selter Manahan tidak pindah sampai 2023, sedangkan bagi PKL Kota Barat ada kebijakan khusus. Mereka tetap diminta pindah sementara, yakni sampai April 2021.

Sebelumnya diberitakan, Disdag Kota Solo memberi batas waktu bagi PKL sekitar Stadion Manahan untuk pindah dari area tersebut pada 1 Januari 2021 atau besok.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Batas tersebut diberikan agar pedagang memiliki kelonggaran untuk berjualan hingga penataan dan pembersihan area menjelang Piala Dunia U-20 2021 dimulai. Dengan ditundanya Piala Dunia U-20, PKL Manahan pun tidak diminta pindah.

Kapolres Klaten Pimpin Langsung Patroli Besar-Besaran di Malam Tahun Baru 2021

Hal beda berlaku bagi PKL Selter Kota Barat yang terdampak proyek lapangan pendukung. Puluhan PKL di kawasan itu tetap diminta pindah sementara, paling tidak sampai April 2021.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Heru Sunardi, menjelaskan Pemkot Solo telah membatalkan pengosongan Selter Manahan dan Selter Kota Barat yang ditempati PKL karena Piala Dunia U-20 mundur pada 2023.

Disdag kini menyusun rencana pemindahan ke bangunan baru pada 2023. “Untuk pemindahan pada 2023 mestinya kami harus merencanakan. Tempat para pedagang bagaimana? Supaya nanti kami membangun bermanfaat bagi para PKL. Pengosongan untuk Manahan tidak boleh ditawar-tawar karena merupakan stadion standar internasional,” kata dia, Rabu (30/12/2020).

Pergerakan Internasional Terbatas, Penerbitan Paspor Di Kantor Imigrasi Solo Turun 55%

Selter Dipakai Warga yang Mengajukan

Heru, sapaan akrabnya, mengatakan Disdag Kota Solo sebelumnya menyediakan sejumlah selter untuk ditempati PKL Selter Manahan. Selter-selter yang kini kosong tersebut bisa dipakai warga yang mengajukan tempat. Selter sementara ini tidak akan dipakai PKL Manahan maupun PKL Kota Barat.

“Selter yang telah kami siapkan tidak ada masalah. Tidak jadi ditempati maka pemohon lain bisa masuk. Kemarin kami tidak tindak lanjuti permohonan karena akan ditempati PKL Manahan,” paparnya.

Lapangan Bola Tergusur Tol Solo-Jogja, Warga Tambakan Klaten Minta Ganti

Sementara itu, proyek lapangan pendukung Piala Dunia U-20 tetap berlanjut. Lantaran itu, PKL Selter Kota Barat akan dipindahkan ke Galabo Siang untuk beberapa bulan hingga April 2021. PKL yang terdampak sebanyak 40-an pedagang.

Wali Kota Solo, F.X Hadi Rudyatmo, menjelaskan PKL Selter Kota Barat harus dicarikan tempat sementara karena ada penataan Lapangan Kota Barat. Sedangkan Selter manahan tidak terdampak karena tidak ada penataan di sekeliling Stadion Manahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya