SOLOPOS.COM - Tangkapan layar nama Ganjar yang trending topic di Twitter pasca-pengumuman RI batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. (Twitter)

Solopos.com, SEMARANG — Nama Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menjadi trending topic di Twitter, Rabu (29/3/2023) malam. Trending topic Ganjar itu tak terlepas dari keputusan resmi induk organisasi sepak bola dunia, FIFA, yang membatalkan pelaksanaan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Ganjar dianggap sebagai salah satu biang keladi atas batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Dunia U-20. Hal itu menyusul pernyataan orang nomor satu di Jateng itu yang menolak Timnas Israel bermain di Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Spontan, begitu FIFA memutuskan secara resmi pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, akun media sosial (medsos) Ganjar pun diserbu netizen, tak terkecuali dari para pemain Timnas Indonesia U-20. Salah satu pemain Timnas U-20 yang mengomentari akun media sosial Ganjar adalah penyerang PSS Sleman, Hokky Caraka.

Ekspedisi Mudik 2024

“MAKASIH BANYAK PAK, O IYA PAK KAMI TAU PAK NASIB BAPAK SUDAAH TERJAMIN, MASA DEPAN BAPAK JUGA SUDAH BAGUSS, SEDANGKAN KAMI PAK?KAMI BARU MAU MERINTIS KARIR MENJADI LEBIH BAIK, TAPI BATU LOMPATAN KITA UDAH DIANCURIN SM BAPAK #mkshganjar_pranowo,” tulis akun @hokkycaraka_.

Hingga Kamis (30/3/2023) dini hari, nama Ganjar memang masuk dalam daftar trending topic Twitter dengan jumlah 18K Tweets. Tak hanya Hokky, banyak pemain Timnas Indonesia yang juga memberikan komentar miring kepada Ganjar atas gagalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Dilansir dari laman PSSI, FIFA tidak menjelaskan secara pasti alasan pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Dalam situs web resmi PSSI hanya dijelaskan jika FIFA telah memutuskan mencoret Indonesia sebagai tuan rumah untuk Piala Dunia U-20 yang dijadwalkan berlangsung 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Kendati demikian, banyak yang menilai keputusan FIFA itu dilatarbelakangi penolakan terhadap Timnas Israel yang akan tampil pada Piala Dunia U-20 di Indonesia. Sebelumnya penolakan itu disampaikan dua gubernur yang daerahnya akan digunakan untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 yakni Gubernur Bali, I Wayan Koster, dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Ganjar sebelumnya memang menyatakan penolakan Timnas Israel bermain di Indonesia. Ia berdalih sikap itu merupakan wujud komitmen bersama dalam upaya kemerdekaan Palestina sesuai amanat Presiden pertama RI, Sukarno.

Ganjar pun mengaku sebagai kader PDIP, dirinya memegang teguh amanat Sukarno untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina. “Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok, maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi ya kita ikut amanat beliau,” katanya di Semarang (23/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya