SOLOPOS.COM - Pemain timnas U-17 Argentina. (Istimewa/fifa.com).

Solopos.com, JAKARTA–Grup D Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 dihuni tim-tim kuat yang memiliki rapor cukup cemerlang, berikut profil negara peserta dan daftar nama pemain masing-masing tim.

Piala Dunia U-17 edisi tahun ini yang digelar di Tanah Air digelar 10 November-2 Desember.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Salah satu grup yang diisi tim-tim kuat adalah Grup D. Grup tersebut terdiri atas Argentina, Polandia, Senegal dan Jepang.

Mereka akan menjalani laga penyisihan grup di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Meski dari empat tim itu belum ada yang mencicipi gelar juara, tetapi mereka memiliki rapor yang cukup cemerlang.

Argentina tiga kali merebut tempat ketiga. Polandia pernah menduduki juara IV. Sedangkan, Jepang yang merupakan tim kuat Asia sudah memiliki banyak pengalaman di turnamen dua tahunan ini. Pencapaian terbaik Jepang menempus perempat final.

Sementara, Senegal mampu menembus babak 16 besar di debutnya di Piala Dunia U-17 Brasil 2019 lalu.

Argentina memang memiliki rapor paling mentereng sehingga tak heran banyak yang menjagokannya mampu melewati ujian di fase grup.

Namun, bukan Piala Dunia namanya kalo tidak dibumbui kejutan. Jepang, Polandia, dan Senegal memiliki peluang untuk memberikan kejutan, terlebih pada kelompok umur, kekuatan dari masing-masing negara masih sukar diprediksi.

Berikut profil keempat negara di Grup D Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 dan daftar pemain setiap tim dikutip dari fifa.com dan Antara, Selasa (7/11/2023).

Argentina

  • Pencapaian terbaik Piala Dunia U-17: peringkat ketiga 1991, 1993, 2005
  • Pencapaian terbaik turnamen lain: Juara Copa America U17 1985, 2003, 2013, 2019

Argentina mengunci satu tempat di putaran final Piala Dunia U17 2023 Indonesia setelah menduduki peringkat ketiga Copa America U-17 2023.

Pada ajang tersebut, Argentina mampu mengemas dua kemenangan, satu hasil imbang, dan menelan dua kekalahan.

Hasil tersebut menempatkan Argentina pada peringkat ketiga klasemen akhir Copa America U17 2023 dengan tujuh poin di bawah Brasil dan Ekuador.

Daftar pemain timnas U-17 Argentina: 

  • Penjaga Gawang: Froilan Diaz, Florentin Jeremias, Franco Villalba.
  • Bek: Ulises Gimenez, Octavio Ontivero, Dylan Gorosito, Juan Villalba, Valente Pierani, Tobias Palacio, Juan Gimenez.
  • Gelandang: Mariano Gerez, Gustavo Albarracin, Claudio Echeverri, Thiago Laplace, Valentino Acuna, Kevin Gutierrez, Franco Mastantuono.
  • Penyerang: Ian Subiarbe, Agustin Ruberto, Santiago Lopez, Maher Carrizo.

Timnas U-17 Argentina ditangani pelatih Diego Placente. Setelah lebih dari 15 tahun menjadi pemain di tim seperti River Plater, Bayer Leverkusen, dan Girondins de Bordeaux, Placente mengambil alih jabatan pelatih timnas U-15 pada 2017.

Ia memimpin timnya ke kejuaraan Amerika Selatan, sebelum menjadi asisten pelatih timnas U-20 bersama Pablo Aimar. Pada 2021, ia ditunjuk sebagai pelatih kepala timasn U-17.

Argentina memiliki pemain yang harus diwaspadai, yakni Claudio Echeverri. Gelandang River Plate tersebut sudah mencatatkan debut senior bersama klub itu dan tercatat menjadi salah satu pencetak gol terbanyak ajang Copa America U17 2023 dengan lima gol.

Menjadi salah satu pemain penting dalam tim ini, ia dikenal memiliki kemampuan menggiring bola yang cerdik serta mahir dalam situasi satu lawan satu.

Polandia

profil negara di grup d piala dunia u-17 indonesia 2023 dan daftar pemain setiap tim
Ilustrasi timnas U-17 Polandia. (Istimewa/fifa.com).
  • Pencapaian terbaik Piala Dunia U-17: peringkat keempat 1993
  • Pencapaian terbaik turnamen lain: semifinalis Euro U-17 2012, 2023

Polandia menyegel satu tempat di putaran final Piala Dunia U-17 2023 setelah berhasil menembus babak semifinal Euro U-17 2023 meski akhirnya kalah dari Jerman 3-5.

Pada fase penyisihan grup Euro U-17 2023, Polandia menjadi juara Grup A dengan total enam poin dari tiga pertandingan setelah mengalahkan Irlandia dan Hungaria. Namun, mereka takluk dari Wales.

Selanjutnya pada babak perempat final, Polandia mampu mengalahkan Serbia dengan skor 3-2 berkat gol Kryzanowski, Mikolajewski dan Rejcyzk, sekaligus membuat mereka mengamankan tiket putaran final Piala Dunia U-17 2023.

Pada turnamen edisi tahun ini, Polandia dilanda kabar tak sedap sebelum laga dimulai. Empat pemain dikabarkan dipulangkan karena diduga kedapatan mengonsumsi minuman keras (miras).

Daftar pemain timnas U-17 Polandia:

  • Penjaga gawang: Milosz Piekutowski, Michal Matys, Robin Lisewski.
  • Bek: Dominik Szala, Jakub Kryzanowski, Igor Orlikowski, Michal Gurgul, Piotr Kowalik.
  • Gelandang: Maksymilian Sznaucner, Filip Wolski, Karol Borys, Krzysztof Kolanko, Szymon Lyczko, Filip Rozga, Igor Brzyski, Jan Labedzki, Marcel Regula.
  • Penyerang: Oskar Tomczyk, Daniel Mikolajewski, Mateusz Skoczylas, Mike Huras.

Saat ini timnas U-17 Polandia dilatih Marcin Wlodarski. Wlodarski adalah orang berjasa membawa negara ini kembali ke putaran final Piala Dunia U-17.

Dia melakukannya dengan menerapkan gaya sepak bola yang menarik serta telah membangkitkan optimisme bahwa negara ini dapat lolos dari Grup D yang kompetitif.

Pemain penting di tim ini yakni Daniel Mikolajewski. Dia merupakan salah satu dari banyak bintang di lini serang Polandia.

Mikolajewski tampil menonjol di putaran final Euro, di mana ia mencetak dua gol pada babak sistem gugur. Saat ini berseragam tim muda Parma, penyerang dinamis ini adalah salah satu pemain yang patut diwaspadai di Indonesia.

Senegal

profil negara di grup d piala dunia u-17 indonesia 2023 dan daftar pemain setiap tim
Pemain timnas U-17 Senegal. (Istimewa/fifa.com).
  • Pencapaian terbaik Piala Dunia U-17: Babak 16 besar 2019
  • Pencapaian terbaik turnamen lain: Juara Piala Afrika U17 2023

Senegal mencapai putaran final Piala Dunia U17 Indonesia 2023 dengan percaya diri setelah menjadi juara Piala Afrika U-17 2023.

Negara di Afrika Barat tersebut menorehkan hasil sempurna ketika bertarung pada babak penyisihan grup Piala Afrika U-17 2023 dengan mengalahkan Aljazair, Kongo, dan Somalia.

Berstatus sebagai juara Grup A, Senegal bertemu Afrika Selatan pada babak perempat final dan mampu menang telak dengan skor 5-0.

Selanjutnya mereka mengalahkan Burkina Faso pada babak semifinal lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1.

Pada partai final, Senegal berhadapan dengan Maroko untuk bersaing merengkuh gelar juara dan mereka bisa menang dengan skor tipis 2-1.

Daftar pemain timnas U-17 Senegal



  • Penjaga gawang: Serigne Diouf, Macoura Mboup, Bamba Fall.
    Bek: Mamadou Diallo, Fallou Diouf, Boubacar Ba, Guy Lima, Ibrahima Diallo.
    Gelandang: Daouda Diong, Saliou Faye, Alpha Toure, Pierre Dorival.
    Penyerang: Clayton Diandy, Yaya Dieme, Omar Sall, Amara Diouf, Mamadou Gning, Mamadou Sawane, Idrissa Gueye, Cherif Njabaly.

Timnas U-17 Senegal dibesut Serigne sejak 2021. Dia sebelumnya adalah seorang guru pendidikan jasmani sebelum menjalankan kualifikasi kepelatihan resminya.

Pada 2015, ia memimpin tim Senegal meraih medali emas di African Games di Republik Kongo.

Pemain penting timnas U-17 Senegal yakni Amara Diouf. Dia sudah menjadi pemain internasional termuda di Senegal.

Dia melakukan debut untuk timnas senior pada usia 15 tahun 94 hari pada September 2023. Diouf masuk sebagai pemain pengganti dalam pertandingan kualifikasi Piala Afrika yang berakhir imbang 1-1 melawan Rwanda.

Diouf sebelumnya tampil memukau selama Piala Afrika U-17 2023 yang dimenangkan Senegal. Dia mencetak lima gol untuk finis sebagai pencetak gol terbanyak kompetisi tersebut.

Ia memecahkan rekor gol dalam satu edisi turnamen yang sebelumnya dipegang oleh superstar Nigeria Victor Osimhen.

Jepang

profil negara di grup d piala dunia u-17 indonesia 2023 dan daftar pemain setiap tim
Pemain timnas U-17 Jepang. (Istimewa/fifa.com).
  • Pencapaian terbaik Piala Dunia U17: perempat final 1993, 2011
  • Pencapaian terbaik turnamen lain: Juara Piala Asia U-16 1994, 2006, 2018, 2023

Jepang merupakan negara dengan partisipasi terbanyak pada ajang Piala Dunia U17 dari kawasan Asia dengan total 10 penampilan.

Skuad Samurai Biru lolos ke putaran final Piala Dunia U17 Indonesia 2023 setelah mampu meraih gelar juara Piala Asia U-16 2023 di Thailand.

Berstatus sebagai juara bertahan, Jepang lolos ke perempat final setelah menjuarai babak kualifikasi Grup D setelah mengalahkan India dan Vietnam, serta bermain imbang kontra Uzbekistan.



Pada babak perempat final, Jepang berhasil menyingkirkan Australia dengan skor 3-1. Ketika fase semifinal, mereka mampu mengalahkan Iran dengan skor 3-0.

Saat berlaga di partai puncak, Jepang menegaskan status mereka sebagai juara bertahan dengan mengalahkan Korea Selatan dengan skor telak 3-0.

Daftar nama pemain timnas U-17 Jepang:

Hampir serupa dengan Argentina dan Senegal, semua pemain timnas U-17 Jepang berkompetisi di dalam negeri dan beberapa di antaranya bersama klub sekolah.

  • Penjaga gawang: Wataru Goto, Taisei Kambayashi, Alexandre Pisano.
  • Bek: Haruto Matsumoto, Keita Kosugi, Kaito Tsuchiya, Kotaro Honda, Shibata Shotaro, Shuto Nagano, Katsuma Fuse.
  • Gelandang: Joi Yamamoto, Yotaro Nakajima, Ryonusuke Yada, Ryonusuke Sato, Yumeki Yoshinaga, Gakuto Kawamura.
  • Penyerang: Yutaka Michiwaki, Rento Takaoka, Gaku Nawata, Homare Tokuda, Alen Inoue.

Timnas U-17 Jepang diarsiteki  Yoshiro Moriyama. Setelah gantung sepatu pada 1999, penunjukan Moriyama sebagai pelatih tim muda Sanfrecce Hiroshima menandai langkah pertamanya di jenjang kepelatihan.

Pada 2015, ia diberi kesempatan melatih timnas U-15 Jepang, sebelum pindah ke timnas U-17 pada 2017.

Bersama timnas U-17, Moriyama sukses meraih dua gelar Piala Asia U-17 secara beruntun pada 2018 dan 2023.

Pemain penting timnas U-17 Jepang adalah Gaku Nawata. Tipikal gelandang serang unggul dalam penguasaan bola.

Dia memiliki jangkauan umpan yang baik dan kemampuan mencetak gol. Nawata diyakini menjadi salah satu bintang paling cemerlang di turnamen ini.



Dia menikmati perjalanan Piala Asia U-17 2023 yang luar biasa di Thailand. Saat itu dia menjadi pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak dengan lima gol, termasuk tendangan bebas yang luar biasa di final.

Jadwal pertandingan Grup D:

Pertandingan 1 (11 November)

  • Jepang vs Polandia (16.00 WIB, Stadion Si Jalak Harupat, Bandung).
  • Argentina vs Senegal (19.00 WIB, Stadion Si Jalak Harupat, Bandung).

Pertandingan 2 (14 November)

  • Senegal vs Polandia (16.00 WIB, Stadion Si Jalak Harupat, Bandung).
  • Jepang vs Argentina (19.00 WIB, Stadion Si Jalak Harupat, Bandung).

Pertandingan 3 (17 November)

  • Polandia vs Argentina (16.00 WIB, Jakarta International Stadium, Jakarta).
  • Senegal vs Jepang (16.00 WIB, Stadion Si Jalak Harupat, Bandung).

Itulah profil keempat negara di Grup D Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 dan daftar pemain setiap tim.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya