SOLOPOS.COM - Anak- anak sedang bermain sepak bola di jalan Sao Paulo, Minggu (4/5/2014). (JIBI/Solopos/Reuters/Paulo Whitaker)

Solopos.com, LONDON–Ilmuwan memperingatkan risiko wabah demam berdarah selama ajang sepak bola terbesar piala dunia berlangsung waktu mendatang di Brasil.

Wabah tersebut sudah dinilai cukup mengkhawatirkan dan telah mencapai level siaga tinggi di tiga kota dari 12 kota tuan rumah penyelenggara piala dunia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari sistem yang dikembangkan para ilmuwan, ancaman penyakit selama kompetisi panjang itu memang rendah, tetapi mereka memperingatkan kota- kota yang diprediksi mengalami ancaman serius seperti timur laut Natal, Fortaleza dan Recifethere.

“Kota-kota dengan risiko tertinggi adalah Natal, Fortaleza, dan Recife, kata ilmuwan dari Institut Catalan Barcelona, Rachel Lowe, sebagaimana ditulis Reuters, Sabtu (17/5/2014).

Dia juga menambahkan bahwa kemungkinan wabah dengue selama piala dunia cukup besar untuk menginfeksi pengunjung.

Hal tersebut dapat berbahaya karena usai mengunjungi Brasil, orang yang terinfeksi dengue tersebut akan kembali ke negaranya yang memungkinkan dapat menular kepada orang di negaranya tersebut.

Brasil memiliki lebih banyak kasus demam berdarah dibanding negara lain di dunia. Tercatat lebih dari 7 juta orang terinfeksi antara tahun 2000 dan 2013.

Lowe mengatakan Brasil memiliki jumlah nyamuk yang banyak dengan jumlah penduduk yang rentan terhadap penyakit yang ditularkan oleh nyamuk tersebut.

Hasil dari penelitian yang dilakukan para peneliti, menunjukkan secara keseluruhan risiko wabah deman berdarah rendah di Kota penyelenggara piala dunia seperti Brasolia, Cuiaba, Curitiba, Porto Alegra, dan sao Paulo.

Tetapi wabah meningkat di Kota Rio de Janeiro, Belo Horizonte, Salvador dan Manaus.

Karena hal tersebut, ilmuwan melakukan peringatan awal di tempat- tempat yang mungkin menjadi epidemi demam berdarah. “Hal tersebut sangat berguna untuk mengurangi epidemi demam berdarah dan memperingatkan otoritas daerah tersebut untuk memerangi populasi nyamuk di kota yang memungkinkan terkena wabah demam berdarah lebih besar,” ucap Lowe.

Dengue atau demam berdarah adalah infeksi virus yang ditularkan oleh sejenis nyamuk yang disebut Aedes aegypti.

Hal ini dapat mengakibatkan penyakit seperti flu ringan sampai penyakit yang berpotensi mematikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya