SOLOPOS.COM - Mantan petenis nomor satu dunia, Carlos Moya. DokJIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, MADRID – Federasi tenis Spanyol (RFET) akan mengumumkan nama pengganti Alex Corteja sebagai kapten tim Piala Davis negaranya, Kamis (10/10/2013) waktu setempat. Media-media di Spanyol berharap mantan petenis nomor satu dunia, Carlos Moya, akan menerima tawaran sebagai kapten dengan kontrak selama satu tahun, hingga akhir 2014.

Dilansir Reuters, Rabu (9/10/2013) WIB, kapten baru tim Davis Spanyol akan diperkenalkan pada sesi jumpa pers di Madrid, Kamis siang, sekitar pukul 10.00 waktu setempat. Meski demikian, juru bicara RFET menolak bahwa Moya bakal mengambil alih peran Corteja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Moya gantung raket pada musim 2010 lalu. Jika jadi mengambil posisi kapten, tugas pertamanya adalah menyiapkan Spanyol menghadapi laga pembuka Grup Dunia melawan Jerman, akhir Januari nanti.

Moya yang merupakan teman dekat petenis nomor satu dunia saat ini, Rafael Nadal, merupakan petenis Spanyol pertama sejak 1973 yang mampu menempati posisi puncak dalam daftar ranking ATP di tahun 1999. Namun, Moya hanya mampu bertahan di posisi teratas selama kurun dua pekan.

Salah satu momen terbaik Moya dalam kariernya di Piala Davis adalah saat mengalahkan petenis Amerika Serikat, Andy Roddic, di Sevilla, 2004 lalu. Kemenangan itu membuat Spanyo mengunci gelar juaranya.

Corteja yang menjadi kapten dengan menggantikan posisi Albert Costa, saat ini mengambil posisi direktur olahraga RFET. Selama menjadi kapten Corteja berjasa membawa Rafael Nadal dkk meraih juara setelah mengalahkan Argentina pada final 2011 lalu.

Tahun lalu, Spanyol tampil sebagai runner up setelah ditundukkan Republik Cheska. Tahun 2012 lalu, Spanyol tampil tanpa diperkuat Nadal yang mengalami cedera dan absen di final.

Spanyol secara mengejutkan kalah dari Kanada di babak pertama musim 2013. Namun, kembalinya Nadal membawa Spanyol tampil garang dan kembali masuk jajaran elit di Grup Dunia pada musim 2014 setelah menumbangkan Ukraina 5-0, awal Oktober lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya