SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Para pemain Kanada melakukan selebrasi seusai menyingkirkan Spanyol pada putaran pertama Piala Davis Grup Dunia di Thunderbird Sports Center, Vancouver, Minggu (3/2/2013) waktu setempat. JIBI/SOLOPOS/Reuters

VANCOUVER – Kanada mengukir sejarah baru. Untuk kali pertama, Kanada memastikan tiket ke putaran kedua Grup Dunia Piala Davis setelah menyingkirkan unggulan teratas, Spanyol, dengan skor 3-2.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Langkah Kanada ke babak selanjutnya dipastikan melalui kemenangan Milos Raonic atas Guillermo Garcia-Lopez pada partai keempat di Thunderbird Sports Center, Minggu (3/2/2013) waktu setempat. Kemenangan Raonic secara straight set, 6-3, 6-4, 6-2, sudah cukup membuat Kanada lolos dengan selisih 3-1.

Meskipun pada partai terakhir Spanyol mampu mencuri angka lewat kemenangan Albert Ramos atas Frank Davedic 7-5, 6-4, namun hal ini sudah tak berpengaruh. Kolektor lima kali juara Piala Davis ini pun harus menerima kenyataan pahit tersisih di putaran pertama untuk kali pertamanya sejak 2006.

“Ini sangat luar biasa dan sesuatu yang seharusnya kami banggakan,” ujar Raonic dilansir Daviscup.com. “Banyak perasaan yang tercurah. Sepanjang pertandingan saya berusaha tetap tenang dan mencoba tetap tenang. Saya benar-benar senang dengan bagaimana saya mampu mewujudkannya dan bagaimana orang-orang di belakang saya berharap serupa. Saya harap ini akan memberi Kanada lebih dihormati. Saya rasa kami merupakan bagsa yang besar dalam banyak hal dan di tenis kami mencoba membangun reputasi,” imbuh petenis yang terkenal dengan pukulan aces-nya itu.

Menghadapi Raonic, sebenarnya Spanyol bakal menurunkan Marcel Granollers. Namun, penampilan Granollers di partai kedua sangat mengecewakan. Di luar dugaan, ranking 34 dunia itu kalah atas Davedic yang menempati peringkat 166, tiga set langsung, 1-6, 2-6, 2-6, Jumat (1/2/2013).

Hal itu membuat kapten Spanyol, Alex Corteja, akhirnya menurunkan Garcia-Lopez. Sayang, Garcia-Lopez juga tak mampu menghalau Raonic. Petenis Kanada berperingkat 15 dunia itu tampil impresif dengan melepaskan servis-servis keras yang selama ini menjadi andalannya. Ia pun hampir tak tersentuh dengan menorehkan 22 pukulan aces.

“Saat kami mendapat undian bertemu Kanada, saya tahu ini merupakan pertandingan yang sulit dalam berbagai hal, terutama lapangan,” ujar Corteja. “Kanada lebih baik dari kami dan kami perlu mengucapkan selamat. Para pemain berhak memutuskan untuk ikut atau beristirahat. Kami tak ingin meremehkan mereka. Tidak semua. Kami tampil tanpa beberapa pemain karena bertepatan dengan agenda yang sibuk dan tergantung pilihan mereka. Namun kami tak boleh menyesali,” imbuh Corteja.

Tahun ini Spanyol memang tampil tanpa kekuatan penuh. Para pemain atasnya, seperti kolektor 11 grand slam, Rafael Nadal, dan ranking lima dunia, David Ferrer, tak turut serta karena berbagai alasan masing-masing.

Di putaran kedua atau babak semifinal, Kanada akan berjumpa dengan Italia. Tim Negeri Pizza itu lolos setelah menyingkirkan Kroasia 3-2.

Inilah Hasil Lengkap Piala Davis 2013 Putaran Pertama Grup Dunia, 1-3 Februari 2013

Kanada  3-2       Spanyol

Italia     3-2       Kroasia

Belgia   2-3       Serbia

USA     3-2       Brazil

Prancis 5-0       Israela

Argentina          5-0       Jerman

Kazakhstan        3-1       Austria

Swiss    2-3       Republik Cheska

Sumber: Daviscup.com

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya