Piala Asia U-19: Indonesia Berharap Tuah Sebagai Tuan Rumah
Para pemain Timnas Indonesia U-19 merayakan gol (pssi.org)

Solopos.com, JAKARTA — Apa yang membuat Timnas Indonesia U-19 percaya diri bakal sukses di Piala AFC U-19 2018? Salah satunya karena tim berjuluk Garuda Nusantara ini berstatus tuan rumah di turnamen sepak bola terbesar se-Asia untuk usia di bawah 19 tahun tersebut.

Dukungan suporter benar-benar diharapkan bisa memberi dampak positif bagi Indonesia U-19. Pelatih Indonesia U-19, Indra Sjafri, sendiri pernah merasakan tuah tuan rumah ketika membawa Garuda Nusantara menjadi juara di Piala AFF 2013.

Indonesia U-19 pun berharap bisa mengikuti Korea Selatan, Iran, Arab Saudi, dan Thailand yang pernah menjadi juara saat menjadi tuan rumah Piala AFC U-19. Thailand bahkan menorehkannya sebanyak dua kali pada 1962 dan 1969.

“Saya yakin suporter kami bisa membantu kami mencapai target kami, mereka bisa memberi efek positif bagi para pemainku,” jelas Indra, seperti dilansir The-afc.com, Rabu (17/10/2018).

Indonesia harus mengubur catatan buruk mereka ketika menjadi tuan rumah Piala AFC U-19 pada 1990 dan 1994. Dalam dua kesempatan itu, Garuda Nusantara selalu gagal lolos dari fase grup. Indonesia boleh berharap pada Egy Maulana Vikri. Pemain klub Polandia, Lechia Gdansk, itu tentu memiliki motivasi besar membawa Garuda Nusantara setidaknya lolos ke semifinal.

Sebab, jika berhasil ke babak empat besar, Indonesia otomatis akan mengantongi tiket ke Piala Dunia U-20 2019 yang digelar di Polandia, markas klub Egy saat ini. Namun, amunisi Indonesia U-19 tidak melulu bergantung pada Egy. Indra Sjafri masih memiliki Saddil Ramdani. Pemain Persela Lamongan tersebut memiliki jam terbang lumayan tinggi. Dia bisa diandalkan untuk menusuk sisi kanan pertahanan lawan.

Sejak Indonesia U-19 meraih juara di Piala AFF U-19 2013, pencinta sepak bola Indonesia juga memberikan dukungan total kepada kepada timnas junior. Tahun ini, suporter memberikan dukungan luar biasa kepada Indonesia U-16 saat menjadi tuan rumah Piala AFF U-116 2018 di Sidoarjo. Indonesia U-16 akhirnya menuntaskan turnamen sebagai juara.

Sayangnya, mereka gagal menembus mimpi meraih tiket Piala Dunia U-17 2019 di Peru karena tidak mampu lolos ke semifinal Piala AFC U-16 2018 yang digelar di Malaysia, bulan lalu. Apakah Indonesia U-19 bisa menebus kegagalan dik-adik mereka dengan cara lolos ke Piala Dunia U-19 2019 nanti?. 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya








Kolom