Tutup Iklan

Piala Asia U-19: Indonesia Berharap Tuah Sebagai Tuan Rumah

Apa yang membuat Timnas Indonesia U-19 percaya diri bakal sukses di Piala AFC U-19 2018? Salah satunya karena tim berjuluk Garuda Nusantara ini berstatus tuan rumah di turnamen sepak bola terbesar se-Asia untuk usia di bawah 19 tahun tersebut.

Piala Asia U-19: Indonesia Berharap Tuah Sebagai Tuan Rumah

SOLOPOS.COM - Para pemain Timnas Indonesia U-19 merayakan gol (pssi.org)

Solopos.com, JAKARTA — Apa yang membuat Timnas Indonesia U-19 percaya diri bakal sukses di Piala AFC U-19 2018? Salah satunya karena tim berjuluk Garuda Nusantara ini berstatus tuan rumah di turnamen sepak bola terbesar se-Asia untuk usia di bawah 19 tahun tersebut.

Dukungan suporter benar-benar diharapkan bisa memberi dampak positif bagi Indonesia U-19. Pelatih Indonesia U-19, Indra Sjafri, sendiri pernah merasakan tuah tuan rumah ketika membawa Garuda Nusantara menjadi juara di Piala AFF 2013.

Indonesia U-19 pun berharap bisa mengikuti Korea Selatan, Iran, Arab Saudi, dan Thailand yang pernah menjadi juara saat menjadi tuan rumah Piala AFC U-19. Thailand bahkan menorehkannya sebanyak dua kali pada 1962 dan 1969.

“Saya yakin suporter kami bisa membantu kami mencapai target kami, mereka bisa memberi efek positif bagi para pemainku,” jelas Indra, seperti dilansir The-afc.com, Rabu (17/10/2018).

Indonesia harus mengubur catatan buruk mereka ketika menjadi tuan rumah Piala AFC U-19 pada 1990 dan 1994. Dalam dua kesempatan itu, Garuda Nusantara selalu gagal lolos dari fase grup. Indonesia boleh berharap pada Egy Maulana Vikri. Pemain klub Polandia, Lechia Gdansk, itu tentu memiliki motivasi besar membawa Garuda Nusantara setidaknya lolos ke semifinal.

Sebab, jika berhasil ke babak empat besar, Indonesia otomatis akan mengantongi tiket ke Piala Dunia U-20 2019 yang digelar di Polandia, markas klub Egy saat ini. Namun, amunisi Indonesia U-19 tidak melulu bergantung pada Egy. Indra Sjafri masih memiliki Saddil Ramdani. Pemain Persela Lamongan tersebut memiliki jam terbang lumayan tinggi. Dia bisa diandalkan untuk menusuk sisi kanan pertahanan lawan.

Sejak Indonesia U-19 meraih juara di Piala AFF U-19 2013, pencinta sepak bola Indonesia juga memberikan dukungan total kepada kepada timnas junior. Tahun ini, suporter memberikan dukungan luar biasa kepada Indonesia U-16 saat menjadi tuan rumah Piala AFF U-116 2018 di Sidoarjo. Indonesia U-16 akhirnya menuntaskan turnamen sebagai juara.

Sayangnya, mereka gagal menembus mimpi meraih tiket Piala Dunia U-17 2019 di Peru karena tidak mampu lolos ke semifinal Piala AFC U-16 2018 yang digelar di Malaysia, bulan lalu. Apakah Indonesia U-19 bisa menebus kegagalan dik-adik mereka dengan cara lolos ke Piala Dunia U-19 2019 nanti?. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Habis Lebaran, Siaga Covid-19 Klaster Keluarga

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai penularan Covid-19 klaster keluarga setelah Lebaran.

Jangan Mendadak "Bagong"

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis, 6 Mei 2021. Esai ini karya Agung S.S. Raharjo, Analis Ketahanan Pangan Ahli Muda Badan Ketahanan Pangan Kementeria Pertanian.

Sandara Park Resmi Hengkang dari YG Entertainment

Pada Mei 2009, Sandara Park, dengan nama panggung Dara, memulai debutnya bersama 2NE1.

Sempat Dilanda Kebakaran, Kelenteng Sam Poo Kong Tetap Buka

Wisata Sam Poo Kong tetap buka. Bagi wisatawan yang mau berkunjung tetap mematuhi protokol kesehatan.

4 Jam Galang Dana Untuk Palestina, Sukarelawan Muhammadiyah Sragen Himpun Rp51,7 Juta

Sukarelawan Muhammadiyah Sragen berhasil mengumpulkan dana bantuan kemanusiaan lebih dari Rp51 juta yang akan dikirim ke Palestina.

Roro Mendut, Kisah Romansa Legendaris dari Pesisir Utara Jawa

Kota pesisir pantura, Pati, memang memiliki beragam kisah legenda dan mitologi, salah satunya adalah Roro Mendut.

Tak Boleh di Rumah, Warga Solo Positif Covid-19 Wajib Karantina di Asrama Haji Donohudan

Mulai Senin (17/5/2021) warga Solo yang positif Covid-19 dilarang karantina mandiri di rumah, tetapi wajib ke Asrama Haji Donohudan.

129 ASN Sragen Absen Kerja di Hari Pertama Masuk Setelah Lebaran 2021

Sebanyak 129 ASN di lingkungan Pemkab Sragen absen pada hari pertama masuk kerja setelah Lebaran 2021 karena izin dan cuti.

650 Personel TNI AU Disuntik Vaksin Astrazeneca Di RSAU Solo, Ada Efeknya?

RSAU Solo di Colomadu, Karanganyar, sudah menyuntikkan 1.300 dosis vaksin Covid-19 dari Astrazeneca kepada 650 personel TNI AU.

KUA Pondok Gede Tanggapi Isu Rencana Pernikahan Ayus dan Nissa Sabyan

Sebagaimana diketahui KUA Pondok Gede merupakan daerah domisili Nissa Sabyan.

Dies Natalis ke-21, FISKOM UKSW Bantu Mahasiswa NTT

Pandemi Covid-19 yang terjadi telah mendorong FISKOM UKSW Salatiga melakukan berbagai adaptasi.

Insiden Perahu Terbalik Kedungombo, Pemkab Boyolali: Posisi Kami Serba Repot

Pemkab Boyolali mengatakan dalam posisi serba repot terkait insiden perahu terbalik di Waduk Kedungombo yang menewaskan sembilan orang.