SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Paula Asia 2015 memasuki babak perempatfinal. Laga antara Austrlia vs Tiongkok diprediksi bakal seru.
 
Solopos.com, BRISBANE — Laga perempat final Piala Asia 2015 antara Australia dan Tiongkok di Suncorp Stadium, Brisbane, Kamis (22/1) sore, diprediksi menjadi persaingan paling sengit.

Selama ini, sepak bola memang tidak menjadi olahraga paling favorit di kedua negara itu. Namun, banyak perubahan terjadi seiring berjalannya waktu. Baik Australia maupun Tiongkok sama-sama tengah berjuang membangkitkan kejayaan sepak bola di negeri mereka. Oleh sebab itu, mereka tentu tak ingin tersingkir dari pentas sepak bola terbesar di Asia kali ini.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Sebelumnya, kedua tim itu telah bertemu sebanyak 10 kali dengan catatan lima pertandingan dimenangi Australia, empat laga dimenangi Tiongkok, dan satu lainnya berakhir imbang. Akan tetapi, laga perempat final nanti bakal menjadi pertemuan pertama mereka di kompetisi bergengsi.

Australia dan Tiongkok sama-sama memiliki ambisi mengejar trofi Piala Asia perdana. Mereka telah menghabiskan banyak dana untuk mengembangkan potensi pemain lokal untuk menjadi salah satu skuat terbaik di dunia.

Kendati termasuk pendatang baru di Piala Asia, Australia memiliki kekuatan yang patut di perhitungkan. Popularitas sepak bola di Negeri Kanguru itu mulai menanjak sejak The Socceroos, julukan Australia, lolos kualifikasi Piala Dunia 2006. Dengan pengalaman itu, rasanya tak sulit bagi tim tuan rumah merengkuh trofi Piala Asia di kandang mereka sendiri.

Australia tetap menjadi kandidat favorit meski kalah 0-1 dari Korea Selatan (Korsel) di laga terakhir Grup A. Akan tetapi, Pelatih Australia, Ange Postecoglou tak mau jemawa. Dia menyadari laga kontra Tiongkok tidak akan berjalan mudah bagi pasukannya.

“Kami berada di fase knockout sekarang, tekanan meningkat dari setiap orang. Anda tidak mendapatkan kesempatan tambahan hanya karena menang di tiga laga grup. Rekor di laga sebelumnya sudah dihapus dan kami akan memulai semua dari tempat yang sama,” jelas dia, seperti dilansir Reuters, Rabu (21/1).

Dalam laga kontra Korsel, Postecoglou memarkir kapten Mile Jedinak di bangku cadangan karena cedera. Kini, gelandang Crystal Palace itu siap bertarung kembali dan membantu The Socceroos merebut tiket ke semifinal.

“Kami memprediksi akan melalui laga berat tapi semuanya telah dipersiapkan dengan baik. Kami siap untuk kemungkinan apapun. Jika performa meningkat, kami akan sulit dikalahkan,” ujar Postecoglou.

“Kami percaya diri meski laga akan berlajan 90 menit, 120 menit, ataupun harus berakhir hingga adu penalti. Kami punya amunisi penuh,” sambung dia.

Tiongkok pun tak kalah percaya diri menyambut pertandingan babak delapan besar nanti. Di bawah polesan Alain Perrin, Tiongkok menampilkan performa impresif di Piala Asia 2015. Mereka keluar sebagai juara Grup B setelah menyapu bersih tiga laga fase grup.

“Kami mengalami banyak kemajuan karena telah memiliki pemain yang bisa bertarung dengan sungguh-sungguh dan berada dalam kondisi sempurna. Kami tahu Australia adalah tim yang sangat kuat tapi kami juga berkembang dengan sama baik,” ujar Perrin. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Pelatih Tiongkok Alain Perrin mengamati timnya berlatih menghadapi Australia. JIBI/Rtr/Edgar Su

Pelatih Tiongkok Alain Perrin mengamati timnya berlatih menghadapi Australia. JIBI/Rtr/Edgar Su

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya