PIALA AMERIKA 2015 : Uruguay dan Argentina Satu Grup di Piala Amerika

 Ilustrasi logo Copa Amerika 2015 (Dok)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi logo Copa Amerika 2015 (Dok)

 

PromosiHippermoralitas di Balik Penganiaya Lansia Hingga Meninggal di Jakarta

Harianjogja.com, SANTIAGO — Runner up Piala Amerika Argentina akan berhadapan dengan juara bertahan Uruguay, yang menyingkirkan mereka saat menjadi tuan rumah turnamen itu empat tahun silam, dan Brasil akan bertemu Kolombia pada ulangan pertandingan Piala Dunia di fase grup pada Piala Amerika 2015.

Tuan rumah Chile, yang bertekad memenangi turnamen internasional aktif pertama dunia untuk pertama kalinya, mendapat undian yang lebih mudah pada undian grup yang dilakukan di resor pantai Pasifik Chile di Vina del Mar pada Senin (Selasa WIB).

Argentina yang diperkuat Lionel Messi, yang merupakan unggulan teratas di Grup B di mana mereka juga akan berhadapan dengan Paraguay dan Jamaika, akan bertekad melakukan balas dendam terhadap Uruguay yang mengalahkan mereka melalui adu penalti pada perempat final turnamen 2011.

Brasil, yang kini dipimpin Neymar sebagai kapten, akan berupaya bangkit dari hasil buruk di Piala Dunia tahun ini saat mereka kembali diasuh pelatih yang mengarsiteki tim pada Piala Dunia 2010 Dunga. Mereka juga akan menghadapi Peru dan Venezuela di Grup C.

Tim Chile diujungtombaki oleh Alexis Sanchez, yang juga akan menghadapi Ekuador dan Bolivia di Grup A, akan memanfaatkan semua peluang untuk mengakhiri penantian mereka terhadap mahkota juara perdana.

“Sulit untuk melihat kandidat (peraih gelar) pada hari ini… Mari berharap bahwa pada sejarah Piala Amerika belakangan ini, yang terlihat begitu sulit untuk tim tuan rumah, dapat berbalik,” kata pelatih Chile Jorge Sampaoli kepada para pewarta.

Uruguay, dengan rekor 15 gelar, tidak akan dapat diperkuat penyerang Luis Suarez pada turnamen yang berlangsung pada 11 Juni sampai 4 Juli ini karena ia masih harus menjalani skors sembilan pertandingan dari FIFA akibat menggigit pemain Italia Giorgio Chiellini di Piala Dunia.

Suarez berkontribusi empat gol termasuk satu gol saat timnya menang 3-0 atas Paraguay pada final 2011 di Buenos Aires, ketika Uruguay memenangi turnamen yang juga menampilkan juara 2004 dan 2007 Brasil tersingkir di perempat final.

Chile dan Kolombia berharap dapat meneruskan laju bagus mereka, yang terbukti pada putaran final Piala Dunia di Brasil, di mana tuan rumah nyaris dikalahkan pada dua pertandingan beruntun di fase gugur.

Kembalinya Falcao Kolombia, yang dipimpin pengatur permainan sekaligus pencetak gol terbanyak James Rodriguez, mencapai perempat final di Brasil dan akan bertekad untuk memenangi Piala Amerika untuk kedua kalinya. Kekuatan mereka akan bertambah dengan kembalinya penyerang Radamel Falcao dari cedera.

“Harapan-harapan untuk Piala Dunia masih ada dan untuk berbagi grup dengan mereka (Brasil) akan menjadi sangat penting,” kata pelatih Kolombia Jose Pekerman. “Ini merupakan saat yang penting di sepak bola Amerika Selatan.” Turnamen itu sejak awal 1990-an telah melakukan ekspansi dari sepuluh negara konfederasi CONMEBOL di Amerika Selatan, menjadi 12 dengan tim-tim tamu biasanya berasal dari area Amerika Utara, Tengah, dan Karibia CONCACAF.

Meksiko telah menjadi peserta reguler dan dua kali mencapai final, namun Jamaika ambil bagian untuk pertama kalinya.

Chile akan memulai turnamen dengan melawan Ekuador di Estadio Nacional di Santiago pada 11 Juni.

Pertandingan Argentina melawan Uruguay akan dimainkan di La Serena pada 16 Juni, dan pertemuan Brasil melawan Kolombia dilangsungkan di ibukota pada 17 Juni.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pencanangan 2022 Sebagai Tahun Toleransi Belum Dipahami Publik

+ PLUS Pencanangan 2022 Sebagai Tahun Toleransi Belum Dipahami Publik

Pencanangan 2022 sebagai tahun toleransi menemukan momentum tepat. Segregasi sosial dan pertentangan luas di masyarakat akibat politik identitas pada 2017 dan 2019 tidak boleh terulang pada 2024.

Berita Terkini

Gibran Ingin Sentra IKM Pasar Mebel Gilingan Solo Dibikin Seperti IKEA

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ingin agar sentra IKM di lahan Pasar Mebel Gilingan, Banjarsari, bisa dibangun menjadi seperti IKEA.

Timnas Indonesia Gasak Timor Leste, Shin Tae-yong Kok Malah Kecewa

Timnas Indonesia sukses memetik kemenangan atas Timor Leste dalam laga uji coba dengan skor 4-1. Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong justru kecewa dengan penampilan anak asuhnya.

Desa Wisata di Klaten Harus Bersinergi, Jangan Saling Bunuh

Setiap desa yang memperoleh SK Bupati Klaten dapat menjadi pelopor pengembangan wisata di desa dan di sekitar desa.

Pemkot Madiun Gelontorkan Rp4,7 Miliar untuk Lapak UMKM, Banyak Banget?

Pemerintah Kota Madiun bakal mengalokasikan anggaran Rp4,7 miliar untuk pengembangan dan penyempurnaan lapak UMKM yang ada di kelurahan.

Giliran Partai Gerindra Sragen Laporan Edy Mulyadi ke Polisi

Anggota DPRD dan pengurus DPC Partai Gerindra Sragen melaporkan Edy Mulyadi ke Polres Sragen dengan tuduhan menghinda dan mencemarkan nama baik Prabowo Subianto.

Alfamart dan Nestlé Ajak UKM Bangkit di Festival UKM Sabang-Merauke

Festival UKM ini merupakan upaya Alfamart dan Nestlé untuk membantu dan memberdayakan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di seluruh Indonesia.

Persebaya Surabaya Tanpa 5 Pilar, PSS Sleman Tetap Waspada

Persebaya Surabaya dipastikan tidak bisa diperkuat lima pemainnya ketika menghadapi PSS Sleman pada laga pekan ke-21 BRI Liga 1 2021.

Jarang Dipakai, Mobil-Mobil Milik Warga Eks Miliarder Tuban Rusak

Setelah sempat menjadi 'crazy rich', warga Tuban kini dikabarkan bangkrut karena dana hasil ganti untung pembebasan lahan yang akan digunakan untuk proyek Grass Root Refinery (GRR) Tuban telah habis.

KPBU Jilid II, Bupati Ajak Investor Bangun 9.900 Titik APJ di Madiun

Bupati Madiun, Ahmad Dawami, menggandeng investor untuk ikut membangun alat penerangan jalan di 9.900 titik di Kabupaten Madiun.

Meja Makan Bisa Bawa Rezeki untuk Rumah Baru, Begini Cara Penataannya

Perhatikan penerapan fengshui dalam penataan meja makan supaya bawa rezeki untuk seluruh penghuni rumah.

Tenaga Honorer akan Dihapus, Jekek: Wonogiri Sebenarnya Masih Butuh

Bupati Joko Sutopo mengatakan peran tenaga honorer sangat membantu organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menyelesaikan berbagai tugas.

Ini Dia 5 Inspirasi Model atasan Batik Kekinian

Jika Anda masih bingung memilih baju atasan yang bagus, Anda bisa simak 5 inspirasi model atasan batik kekinian berikut ini

Roadshow dan Podcast, Upaya Bawaslu Boyolali Ajak Warga Awasi Pemilu

Selain menyosialiasikan lewat media sosial yang dimiliki Bawaslu Boyolali, ada program lain bagi pemilih pemula seperti Bawaslu Goes to School atau roadshow ke sekolah-sekolah.

Ramalan Tahun Macan Air, Shio Ini Mendapatkan Keberuntungan

Di Tahun Macan Air ini ada sejumlah shio mengalami keberuntungan, ada pula yang mengalami kerugian.

Solo Zaman Dulu: Gemerlap Berkat Listrik Mangkunegaran

Kondisi Kota Solo zaman dulu, tepatnya masa kolonial Belanda ternyata sudah gemerlap berkat perusahan listrik yang didirikan pihak Kadipaten Mangkunegaran.