SOLOPOS.COM - CAF (FOTO/mtnfootball.com)

CAF (FOTO/mtnfootball.com)

FRANCEVILLE–Mali dan Ghana sama-sama mengemas kemenangan 1-0 di laga pembuka mereka di Piala Afrika di Franceville untuk berbagi tempat teratas di Grup D, Rabu (25/1/2012) WIB. Ghana mengalahkan Botswana, sementara Mali menekuk Guinea.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bek Lyon yang memegang ban kapten Ghana, John Mensah, berhasil membawa timnya menang lewat gol semata wayang yang dicetaknya. Sayang, penampilan apiknya harus ternoda setelah ia diganjar kartu merah di pertengahan babak kedua.
Sementara itu, Mali mencetak gol pembuka sekaligus penutup di menit ke-30 saat tendangan Bakaye Traore dari dalam kotak penalti menembus ke gawang Guniea.

Ekspedisi Mudik 2024

Tampil di Stade de Franceville, pemegang empat titel juara Piala Afrika, Ghana, mendominasi penguasaan bola terutama di babak pertama. Usaha mereka baru menemukan hasil setelah Mensah berhasil membuka kebuntuan di menit ke-25.
Unggul satu gol membuat tim unggulan itu semakin melancarkan serangan. Namun ketatnya penjagaan yang dilakukan pemain belakang Botswana membuat serangan yang dibangun Ghana kandas.

Botswana memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan ketika striker Jerome Ramatlhakwane sukses mengancam jantung pertahanan Ghana dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Tiba-tiba Mensah memotong Ramatlhakwane dari belakang di menit ke-66, seperti dikutip soccerway.com, Rabu (25/1) WIB.

Sementara melawan Mali, Guinea sebenarnya bisa memimpin di awal pertandingan jika saja tendangan Ibrahima Traore dari jarak 30 meter gagal diselamatkan Soumbeila Diakite. Tampil bagus di awal, Guinea justru tertinggal setelah sebuah tendangan Bakaye Traore yang sempat membentur Habib Balde gagal dibendung kiper Guinea.

Pertandingan Guinea berikutnya adalah menghadapi Botswana, Sabtu pekan ini.  Giliran berikutnya, Mali bakal melawan Ghana.

(JIBI/SOLOPOS/Kaled Hasby Ashshidiqy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya