SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (pssi.org)

Solopos.com, JAKARTA – Timnas Indonesia bersiap menghadapi turnamen Piala AFF U-23 2022. Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, akan mengandalkan sejumlah pemain Timnas U-18 untuk bergabung di skuad pilihannya.

Piala AFF U-23 2022 akan digelar di Kamboja pada 14-26 Februari mendatang. Indonesia sendiri tergabung di Grup B bersama Malaysia, Myanmar, dan Laos. Turnamen ini mengharuskan para pemain timnas maksimal berusia 23 tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Top! Bos Ansan Greeners Samakan Asnawi Mangkualam dengan Legenda MU

Hal itu tentu tak menjadi masalah bagi Shin Tae-yong. Pasalnya, pelatih asal Korea Selatan itu memang kerap mengandalkan para pemain muda. Seperti yang terlihat di Piala AFF 2020 lalu. Rata-rata skuad Indonesia termasuk yang paling muda di antara para peserta lainnya.

Shin pun seperti ingin mengulangi hal yang sama. Di Piala AFF U-23 2022, dia juga berencana untuk mengandalkan pemain yang lebih muda lagi yakni memanggi lima hingga enam pemain Timnas U-18.

“Akan ada lima sampai enam pemain dari tim junior itu,” ujar Shin seperti dikutip dari Antara, Kamis (6/1/2022).

Shin ingin melihat performa para pemain belia yang pernah ikut dalam pemusatan latihan (TC) di Turki pada November 2021 itu. Kemudian, Shin ingin memberikan kesempatan mereka untuk meningkatkan pengalaman dan kemampuan menuju Piala Dunia U-20 tahun 2023.

Timnas U-18, yang diproyeksikan berkompetisi di Piala Dunia U-20 2023, sudah menjalani TC di Turki pada November 2021 dan sempat melakukan tiga kali laga uji coba di sana dengan hasil selalu menang.

Baca Juga: Dimulai Sore Ini, Berikut Jadwal Pertandingan Pekan ke-18 Liga 1

Total, timnas U-18 melesakkan sembilan gol dari pertandingan-pertandingan tersebut dan hanya kebobolan dua kali. Pemain timnas U-18 yang menonjol pada tiga laga itu adalah Ronaldo Kwateh yang membuat lima gol dan Ricky Pratama yang mencetak dua gol.

Indonesia berstatus juara bertahan turnamen ini setelah memenanginya pada tahun 2019, di mana kala itu turnamen tersebut mempertandingkan pemain berumur maksimal 22 tahun atau U-22.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya