SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia U-19 (Twitter/PSSI)

Piala AFF U-18 akan menyajikan duel Indonesia vs Vietnam.

Solopos.com, YANGON — Ketangguhan Timnas Indonesia U-19 akan mendapat ujian dari tim kuat Vietnam saat kedua tim bertemu di babak penyisihan Grup B Piala AFF U-18 di Stadion Thuwunna, Yangon, Senin (11/9/2017) sore WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kemenangan atas Vietnam akan memastikan pasukan Garuda Nusantara menyegel tiket ke semifinal. Namun, Vietnam bukan lawan yang mudah ditundukkan. Penampilan tim berjuluk The Golden Stars itu sejauh ini juga cukup mengesankan.

Dari dua pertandingan yang dijalani, Vietnam selalu membombardir lawannya dengan banyak gol. Total sudah 13 gol yang disarangkan anak asuh Hoang Anh Tuan. Mereka hanya kebobolan satu gol. Melawan Brunei, Kamis (7/9/2017), Vietnam mampu menang telak 8-1.

Sementara melawan Filipina, Sabtu (9/9/2017), Vietnam kembali menang telak 5-0. Hanis Saghara dkk. lebih diuntungkan karena punya waktu istirahat lebih panjang. Terakhir, Timnas U-19 bertanding melawan Filipina dengan kemenangan telak 9-0 pada Kamis.

Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, mengaku sudah mengantongi kekuatan Vietnam setelah menyaksikan rekaman pertandingan. “Saya melihat ada dua pemain Vietnam yang perlu diwaspadai,” kata nakhoda tim asal Sumatra Barat itu tanpa menyebut nama pemain yang dimaksud seperti dilansir Liputan6, Minggu (10/9/2017).

Pelatih 54 tahun itu mengaku akan menurunkan komposisi pemain terbaik. Hasil evaluasi yang dilakukan dari dua laga sebelumnya menjadi rujukan dalam penentuan starting line up. Bintang di dua laga sebelumnya, Egy Maulana, dengan torehan empat gol kembali menjadi andalan Indra Sjafri untuk mengoyak lini pertahanan Vietnam. Ia akan ditemani Feby Eka Putra yang sudah menciptakan tiga gol.

Timnas U-19 akan menghadapi Vietnam dengan kekuatan penuh karena semua pemain dalam kondisi fit dan siap tempur. Salah satu pemain yang sebelumnya cedera, Witan Sulaeman, juga dipastikan dalam kondisi bugar untuk bertanding.

“Witan yang sempat demam sudah oke kondisinya. Semua pemain fit dan tidak ada masalah,” kata Indra, dikutip dari pernyataannya kepada tim media PSSI sebagaimana dilansir Antara.

“Gaya bermain kami masih akan tetap sama, tetapi dengan pembenahan kekurangan-kekurangan yang ada. Menurut kami dari kepelatihan, performa tim belum 100 persen jadi harus bisa lebih baik di laga ketiga itu,” tutur Indra.

The Golden Start saat ini memuncaki klasemen sementara Grup B. Meski sama-sama mengoleksi enam poin, Vietnam memiliki selisih dua gol lebih banyak atas Timnas U-19. Kecepatan para pemain Vietnam harus bisa diredam oleh lini belakang Timnas U-19.

“Saya dan semua pemain sudah siap tempur melawan Vietnam. Kami mewaspadai kecepatan dan permainan spartan mereka. Kami juga mempelajari permainan mereka yang juga telah memainkan dua laga. Pelatih sudah memberikan formula bagaimana cara mengantisipasi gaya main cepat Vietnam serta kelemahan mereka. Kami ingin menang dan segera memastikan lolos ke babak semifinal,” ungkap Nurhidayat, bek Timnas U-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya